KISI-KISI SOAL UN 2011 | SKL Ujian Nasional 2011 untuk SMA/MA (PROGRAM BAHASA)


@SKL UN 2011 UNTUK SMP/MTs silakan Klik DI SINI
@SKL UN 2011 UNTUK SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/KEAGAMAAN) silakan Klik DI SINI

1.Membaca
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis/teks nonsastra dan nonteks berbentuk
grafik/tabel) artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks esai, biografi, pidato, dan berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, eksposisi, dan persuasif).
1.1 Menentukan isi, fakta, dan opini paragraf.
1.2 Menentukan rangkuman, kalimat pernyataan, dan kalimat pertanyaan sesuai dengan isi paragraf artikel.
1.3 Menentukan isi paragraf biografi.
1.4 Menentukan jawaban pertanyaan dan simpulan teks.
1.5 Menentukan masalah, opini, dan keberpihakan penulis tajuk rencana.
1.6 Menentukan pernyataan yang tepat dan simpulan isi grafik/tabel.
1.7 Menentukan persamaan isi dan gagasan penulis tajuk rencana/editorial.
1.8 Menentukan kalimat utama dan kalimat sumbang dalam paragraf.
1.9 Menentukan kalimat persuasif dalam teks pidato.

2.Menulis
Mengungkapkan gagasan, pendapat, perasaan, informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, persuasif, teks pidato, artikel, proposal, surat
dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, dan karya ilmiah dengan
mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan menyunting berbagai jenis wacana tulis.
2.1 Melengkapi paragraf deskriptif, argumentatif, persuasif, analogi dan silogisme yang rumpang.
2.2 Melengkapi paragraf deduktif/induktif.
2.3 Menyusun kalimat rangkuman.
2.4 Menyusun beebrapa kalimat menjadi sebuah paragraf.
2.5 Menentukan kalimat penjelas sesuai dengan topik.
2.6 Melengkapi paragraf rumpang.
2.7 Menentukan simpulan dalam notulen.
2.8 Memperbaiki kalimat yang tidak efektif dalam karya ilmiah.
2.9 Memperbaiki struktur kalimat yang salah.
2.10 Memperbaiki kalimat yang tidak tepat dalam surat lamaran pekerjaan.
2.11 Menentukan kalimat efektif dalam karya tulis.
2.12 Menentukan rumusan masalah dalam karya tulis.
2.13 Menentukan latar belakang dalam karya tulis.
2.14 Menulis judul karya tulis sesuai EYD.

3.Kebahasaan
Menguasai berbagai komponen kebahasaan dalam berbagai bentuk tulisan.
3.1 Menggunakan kata baku, kata berimbuhan, frasa.
3.2 Menentukan pola kalimat.
3.3 Menyusun kalimat amjemuk
3.4 Menggunakan kata majemuk, kata bermakna konotasi, kata bermakna kias, dan kata bermakna umum/khusus dalam kalimat, perubahan makna.
3.5 Memperbaiki ragam kalimat yang tidak resmi menjadi kalimat resmi.
3.6 Memperbaiki kalimat tidak kohesif dan koheren dalam paragraf.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?