Materi Pelajaran | KOMPETENSI DASAR (KD) BAHASA INDONESIA KELAS 7 KTSP (Update)
Ada dua anak, Iskandar dan Alex namanya. Walau bersaudara, dua anak ini memiliki karakter yang berbeda. Iskandar sangat perhitungan dengan waktu dan teliti. Sedangkan Alex, fun-fun aja orangnya, jalani hidup mengalir bak air di sungai.
Suatu hari, keduanya pergi ke mall. Bedanya, Iskandar sudah niat hendak membeli buku dan alat-alat tulis, sedangkan Alex tak punya niat/tujuan untuk membeli apa.
Tak lama, Iskandar sudah tiba di rumah dengan membawa buku dan alat-alat tulis yang telah dibelinya. Sedangkan Alex, lammmaaaaa benaarrrr baru tiba di rumah.
Mengapa hal itu terjadi? Apa yang membedakan?
Ya, hal itu terjadi karena dua anak tersebut berbeda dalam hal tujuan (niat), atau motif. Karena memiliki tujuan hendak membeli alat-alat tulis, Iskandar tentu saja langsung ke toko alat-alat tulis, bukan ke toko pakaian, ataupun toko PS/DVD. Alat yang hendak dibelinya pun langsung didapat sesuai dengan keinginannya tentunya.
Sedangkan Iskandar, karena tidak memiliki tujuan hendak membeli apa, ia luntang-lantung ke toko ini, ke toko itu, nongkrong di sini, nongkrong di sana. Tak ada niat mau apa, ia pun bingung dan tak mendapat apapun dari hasil jalan-jalannya ke mall.
Begitu juga dalam hal belajar. Kita harus punya tujuan. Dan inilah tujuan (Kompetensi Dasar) yang hendak kita capai di semester ini. Selamat belajar dan bagaimana gambaran bentuk soal obyektif-nya, kalian bisa klik di link-nya (Contoh Soal). Dengan demikian, semoga pula, hasil (prestasi) yang kalian dapat nantinya, lebih optimal.
Update:
SEMESTER GANJIL:
SEMESTER GENAP:
Keterampilan Lisan:
Menceritakan tokoh idola
Bertelepon
Bercerita dengan alat peraga
Menanggapi cara pembacaan cerpen
Menjelaskan hub latar sosial cerpen dg realitas kini
Suatu hari, keduanya pergi ke mall. Bedanya, Iskandar sudah niat hendak membeli buku dan alat-alat tulis, sedangkan Alex tak punya niat/tujuan untuk membeli apa.
Tak lama, Iskandar sudah tiba di rumah dengan membawa buku dan alat-alat tulis yang telah dibelinya. Sedangkan Alex, lammmaaaaa benaarrrr baru tiba di rumah.
Mengapa hal itu terjadi? Apa yang membedakan?
Ya, hal itu terjadi karena dua anak tersebut berbeda dalam hal tujuan (niat), atau motif. Karena memiliki tujuan hendak membeli alat-alat tulis, Iskandar tentu saja langsung ke toko alat-alat tulis, bukan ke toko pakaian, ataupun toko PS/DVD. Alat yang hendak dibelinya pun langsung didapat sesuai dengan keinginannya tentunya.
Sedangkan Iskandar, karena tidak memiliki tujuan hendak membeli apa, ia luntang-lantung ke toko ini, ke toko itu, nongkrong di sini, nongkrong di sana. Tak ada niat mau apa, ia pun bingung dan tak mendapat apapun dari hasil jalan-jalannya ke mall.
Begitu juga dalam hal belajar. Kita harus punya tujuan. Dan inilah tujuan (Kompetensi Dasar) yang hendak kita capai di semester ini. Selamat belajar dan bagaimana gambaran bentuk soal obyektif-nya, kalian bisa klik di link-nya (Contoh Soal). Dengan demikian, semoga pula, hasil (prestasi) yang kalian dapat nantinya, lebih optimal.
Update:
SEMESTER GANJIL:
- Menentukn gagasan utama (Contoh Soal)
- Membaca kamus: menemukan makna kata tertentu (Contoh Soal)
- Menyimpulkan isi bacaan (Contoh soal)
- Menjawab pertanyaan bacaan (Contoh Soal)
- Menulis pengalaman pribadi atau buku harian (Contoh soal)
- Menulis surat Pribadi (Contoh soal
- Menulis pengumuman (Contoh Soal)
- Menentukan unsur intrinsik cerita anak (Contoh Soal)
- Menentukan unsur intrinsik dongeng (Contoh Soal)
- Menulis pantun (Contoh soal)
- Menentukan ciri-ciri pantun (Contoh soal)
- Menentukan unsur berita: Apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana (Contoh soal) Keterampilan Lisan:
- Menyimpulkan isi berita yang didengar
- Menuliskan kembali isi berita yang didengar
- Menceritakan pengalaman
- Menyampaikan pengumuman secara lisan
- Menemukan hal yang menarik dari dongeng yang didengar
- Menghubungkan isi dongeng dengan realitas masa kini
- Bercerita
- Bercerita dengan alat peraga
SEMESTER GENAP:
- Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/ narasumber yang disampaikan dalam wawancara
- Menentukan hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
- Menentukan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakan tokoh
- Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
- Menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari kutipan buku biografi
- Menemukan gagasan utama dalam teks (Contoh Soal)
- Menemukan informasi dalam tabel/diagram
- Mengubah teks wawancara menjadi narasi
- Menulis pesan singkat (memo) sesuai dengan isi, dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun (Contoh Soal)
- Menanggapi cara pembacaan puisi
- Merefleksi isi, makna, citraan, dan gaya bahasa dalam puisi yang dibacakan (Contoh Soal)
- Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial masa kini (Contoh Soal)
- Membaca indah puisi
- Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan (Contoh Soal)
Keterampilan Lisan:
Komentar
Posting Komentar