Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VIII Kabupaten Tabalong Sem.Ganjil TP 2014/2015

Kisi-kisi Soal UAS Bersama Kelas VIII Kabupaten Tabalong Sem.Ganjil TP 2014/2015-- Sesuai petikan kisi-kisi yang diedarkan oleh forum MGMP B.Indonesia SMP Kabupaten Tabalong, materi soal UAS Bersama Semester Ganjil TP 2014/2015 untuk kelas VIII hanya terdiri atas dua materi pokok, yakni: Teks Fabel dan biografi. Sehubungan dengan keterlambatan buku yang dikirim terkait Implementasi Kurikulum 2013 dan kegiatan pendampingan, sehingga forum memutuskan hanya menyusun kisi-kisi materi yang tercakup di Bab tentang teks fabel dan biografi.
Soal UAS (selain Ulangan Harian dan UTS) adalah soal yang menguji aspek pengetahuan (kognitif) namun materi soal mencakup seluruh KD yang disajikan dalam semester berjalan. Berikut petikan kisi-kisinya:

Kisi-kisi Soal UAS Kelas VII (Klik di SINI)
Kisi-kisi Soal UAS TP 2015/2016 KTSP (Klik di SINI)

KELAS VIII:
Materi Pokok: Teks Cerita Fabel dan Biografi

3.1 Memahami teks cerita fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan baik secara lisan maupun tulisan
Indikator:
1. Mengidentifikasi struktur teksnya
2. Mengidentifikasi struktur teksnya

3.2 Membedakan teks cerita fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan baik secara lisan maupun tulisan
Indikator:
1. Membedakan struktur teks fabel dengan teks yang lain
2. Membedakan struktur teks biografi dengan teks lain

3.3 Mengklasifikasi teks cerita fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan baik secara lisan maupun tulisan
(belum ada untuk materi pokok teks fabel dan teks biografi)

3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks cerita fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan baik secara lisan maupun tulisan
Indikator:
1. Mengidentifikasi bagian yang kurang dari segi struktur teks fabel

4.1 Menangkap makna teks cerita fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan baik secara lisan maupun tulisan
Indikator:
1. Menjawab pertanyaan tentang isi teks fabel
2. Menentukan topik teks atau setiap/ bagian paragraf teks fabel
3. Menentukan unsur intrinsik puisi tentang binatang
4. Menentukan unsur intrinsik teks fabel
5. Menjawab pertanyaan tentang isi teks biografi
6. Mengidentifikasi hal-hal yang patut diteladani atas tokoh dalam teks biografi
7. Menentukan keunggulan tokoh dalam teks biografi
8. Menentukan unsur intrinsik kutipan puisi tentang kepahlawanan.
9. Menentukan gagasan utama kutipan paragraf teks biografi
10. Menentukan hal yang terkait dengan pementasan (termasuk pendalaman tokoh) kutipan teks drama

4.2 Menyusun laporan teks cerita fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan baik secara lisan maupun tulisan
Indikator:
1. Menentukan larik puisi yang tepat dan sesuai dengan ilustrasi
2. Menyusun kutipan teks fabel acak
3. Menyusun kutipan teks biografi acak
4. Menentukan paragraf yang tepat dan sesuai berdasarkan kutipan identitas tokoh

4.3 Menelaah dan Merevisi teks cerita fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan baik secara lisan maupun tulisan
Indikator:
1. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan huruf kapital teks fabel
2. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan di dalam teks fabel
3. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan awalan di- dalam teks fabel
4. Mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif
5. Mengidentifikasi kata kerja aktif transitif dan intransitif dalam fabel
6. Mengidentifikasi penggunaan kata keterangan dalam teks fabel
7. Mengidentifikasi kata hubung dalam teks biografi
8. Mengidentifikasi rujukan kata dalam teks biografi
9. Mengidentifikasi kata kerja teks biografi
10. Mengidentifikasi kalimat tunggal dalam teks biografi
11. Mengidentifikasi kalimat majemuk teks biografi
12. Merevisi ejaan yang salah dalam kutipan teks biografi

4.4 Meringkas teks cerita fabel, biografi, prosedur, diskusi, dan ulasan baik secara lisan maupun tulisan
Indikator:
1. Meringkas kutipan teks fabel
2. Meringkas kutipan teks biografi

Sumber: Kisi-kisi dari Forum MGMP B.Indonesia Kab. Tabalong

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?