Kisi-kisi UN 2016 untuk SMK/MAK

Kisi-kisi Ujian Nasional 2016 (Tahun Pelajaran 2015/2016) agak berbeda dengan kisi-kisi UN 2015. Kisi-kisi ini bersumber dari Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

A. Membaca Nonsastra
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- memaknai istilah
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menemukan ide pokok
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab-akibat)
- menemukan inti kalimat
3.Penalaran
Siswa mampu
- mengomentari pendapat yang terdapat pada teks
- menunjukkan bukti dari simpulan
- menunjukkan hubungan antarbagian teks
- meringkas teks

B. Membaca Satra
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- menentukan kata yang bermakna simbolik/majas/ kias dalam karya sastra
- mengidentifikasi unsur karya sastra
2.Aplikasi
Siswa mampu
- memaknai isi tersurat dalam karya sastra
- menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
- menginterpretasikan hubungan unsur
3.Penalaran
Siswa mampu
- menganalisis hubungan antarunsur
- menentukan bukti watak, seting
- mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
- membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
- meringkas isi karya sastra

C. Menulis Terbatas
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengisi dengan istilah yang tepat sesuai konteks
2.Aplikasi
Siswa mampu
- melengkapi unsur teks eksposisi
- melengkapi unsur teks deskripsi
- melengkapi unsur teks narasi
- melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)
- melengkapi unsur ulasan
- melengkapi unsur teks prosedur (langkah)
3.Penalaran
Siswa mampu:
- mengurutkan peristiwa dalam cerita
- mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
- memvariasikan kata yang bermakna sama
- memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
- menyusun paragraf dari beberapa data
- menyusun simpulan dari beberapa data

D. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
- mengartikan kata
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menggunakan istilah dalam kalimat
- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
3.Penalaran
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap)
- memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata

E. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
- mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menggunakan ejaan
- menggunakan tanda baca
3.Penalaran
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

Download kisi-kisinya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?