Kisi-kisi UN 2017 untuk SMP/MTs Mapel B.Indonesia

Berikut kisi-kisi UN 2017 Mapel Bahasa Indonesia tahun 2017. Kisi-kisi ini memiliki tautan (link) ke ontoh soal iap-iap indikatornya. Silakan klik dan pelajari contoh soal dan pembahasan yang diberikan. Selamat belajar semoga sukses

A. Membaca Nonsastra
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- menentukan makna kata/ kalimat pada teks
- menentukan informasi tersurat teks
- menentukan bagian teks
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menentukan ide pokok teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan pendapat (pro/kontra)
- meringkas isi teks
3.Penalaran
Siswa mampu
- membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra
- mengomentari isi teks

B. Membaca Satra
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
- menentukan bagian cerpen dan fabel
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat konflik
3.Penalaran
Siswa mampu
- membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
- membandingkan penggunaan bahasa cerpen dan fabel
- menunjukkan bukti latar dan watak
- mengomentari unsur intrinsik karya sastra

C. Menulis Terbatas
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- melengkapi istilah/kata dalam kalimat
2.Aplikasi
Siswa mampu
- menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
- melengkapi paragraf
- melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)

3.Penalaran
Siswa mampu
- memvariasikan kata
- memvariasikan kalimat
- menulis dengan ilustrasi tertentu
- mengubah teks ke bentuk lain

D. Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
- menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah

2.Aplikasi
Siswa mampu
- menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
- mengisi konjungsi dalam kalimat

3.Penalaran
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
- menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf

E. Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
1.Pengetahuan dan pemahaman
Siswa mampu
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca

2.Aplikasi
Siswa mampu
- menggunakan ejaan
- menggunakan tanda baca

3.Penalaran
Siswa mampu
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
- menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?