Rumusan Indikator Materi Teks Prosedur (KD 3.5, KD 4.5, KD 3.6, dan KD 4.6)

KD 3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
Indikator:
  1. Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
  2. Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
  3. Menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.

KD 4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar
Indikator:
  1. Meringkas urutan isi teks prosedur
  2. Menjawab pertanyaan isi teks prosedur
  3. Mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar

KD 3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
Indikator:
  1. Menguraikan struktur teks prosedur dan ciri bagian-bagiannya
  2. Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat/ paragraf pada teks prosedur
  3. Menelaah hasil melengkapi teks prosedur dari segi struktur dan kaidah bahasa
  4. menentukan dan memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, ejaan dan tanda baca

KD 4.6 Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.
Indikator:
  1. merencanakan penulisan teks prosedur
  2. menulis teks prosedur dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
  3. memeragakan secara lisan cara melakukan/ membuat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?