Kisi-kisi Soal UTS/ PTS (Penilaian Tengah Semester) Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi
Kompetensi Dasar - Nomor soal - Indikator
A. Teks Ulasan
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
Indikator:
1. Menentukan ciri=ciri teks ulasan berdasarkan isi dan objek ulasan
2. Menentukan isi karya yg diulas
3. Menentukan kelebihan atau kekurangan karya yang disajikan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
Indikator:
1. Menentukan kalimat yang sesuai isi teks ulasan
2. Menetukan hal-hal penting dari kutipan teks ulasan yang disajikan
3. Mengidentifikasi penulisan kata yang salah dalam kutipan teks ulasan
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
Indikator:
1. Menentukan bagian struktur teks ulasan yang disajikan
2. Menentukan bagian struktur teks ulasan yang disajikan
3. Menentukan jenis konjungsi dari kutipan teks ulasan yang disajikan
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Indikator:
1. Menyusun teks ulasan yang acak
2. Membuat kalimat yang menyatakan kelebihan karya sesuai ilustrasi yang diberikan
3. Membuat kalimat yang menyatakan kekurangan karya sesuai ilustrasi yang diberikan
B. Teks Persuasi
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
Indikator:
1. Mengidentifikasi jenis saran dalam kutipan teks persuasi
2. Mengidentifikasi jenis ajakan dalam kutipan teks persuasi
3. Mengidentifikasi jenis arahan atau pertimbangan dalam kutipan teks persuasi
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
Indikator:
1. Menemukan gagasan umum kutipan teks persuasi
2. Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan positif dalam kutipan teks persuasi
3. Menyimpulkan fakta yang terdapat dalam kutipan teks persuasi
3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
Indikator:
1. Menentukan struktur teks persuasi
2. Menentukan kaidah kebahasaan kata-kata teknis atau peristilahan
3. Menentukan jenis kata penghubung yang argumentatif
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
Indikator:
1. Menentukan kalimat bujukan
2. Menentukan fakta yang sesuai untuk menyusun teks persuasi
3. Menyunting teks persuasi yang disusun
A. Teks Ulasan
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
Indikator:
1. Menentukan ciri=ciri teks ulasan berdasarkan isi dan objek ulasan
2. Menentukan isi karya yg diulas
3. Menentukan kelebihan atau kekurangan karya yang disajikan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
Indikator:
1. Menentukan kalimat yang sesuai isi teks ulasan
2. Menetukan hal-hal penting dari kutipan teks ulasan yang disajikan
3. Mengidentifikasi penulisan kata yang salah dalam kutipan teks ulasan
3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
Indikator:
1. Menentukan bagian struktur teks ulasan yang disajikan
2. Menentukan bagian struktur teks ulasan yang disajikan
3. Menentukan jenis konjungsi dari kutipan teks ulasan yang disajikan
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Indikator:
1. Menyusun teks ulasan yang acak
2. Membuat kalimat yang menyatakan kelebihan karya sesuai ilustrasi yang diberikan
3. Membuat kalimat yang menyatakan kekurangan karya sesuai ilustrasi yang diberikan
B. Teks Persuasi
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
Indikator:
1. Mengidentifikasi jenis saran dalam kutipan teks persuasi
2. Mengidentifikasi jenis ajakan dalam kutipan teks persuasi
3. Mengidentifikasi jenis arahan atau pertimbangan dalam kutipan teks persuasi
4.13 Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
Indikator:
1. Menemukan gagasan umum kutipan teks persuasi
2. Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan positif dalam kutipan teks persuasi
3. Menyimpulkan fakta yang terdapat dalam kutipan teks persuasi
3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
Indikator:
1. Menentukan struktur teks persuasi
2. Menentukan kaidah kebahasaan kata-kata teknis atau peristilahan
3. Menentukan jenis kata penghubung yang argumentatif
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
Indikator:
1. Menentukan kalimat bujukan
2. Menentukan fakta yang sesuai untuk menyusun teks persuasi
3. Menyunting teks persuasi yang disusun
Komentar
Posting Komentar