ukk kls 7-1 pecah per indikator

1. (1).Pasar Terapung adalah pasar tradisional yang ada di Banjarmasin. (2) Mereka berjualan di sungai dengan menggunakan perahu. (3)Macam-macam yang mereka jual, ada makanan, sayur, buah,ikan, dan kebutuhan lainnya. (4)Deretan perahu yang saling berdempetan dan aneka jualan yang terlihat berwarna-warni di pagi hari sangat memesona. (5) Keunikan pasar Terapung banyak memukau wisatawan lokal maupun luar yang melihat atau berbelanja di pasar Terapung.
Kata bersinonim pada teks deskriptif di atas terdapat pada kalimat ....
a. (4) dan (5)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (1) dan (2)

2. Perhatikan teks prosedur berikut ini!
1) Menyiram dengan air secukupnya.
2) Membungkus tanah yang telahditempelkan dengan menggunakanSabut atau plastik.
3) Mengerat kulit batang sepanjang 10 cm.
4) Membungkus tanah keratan bagian atas dengan tanah yang subur.
5) Memilih tangkai yang sehat dan tegak.
Urutan langkah petunjuk mencangkok tanaman di atas yang tepat adalah ....
a. 1-3-4-2-5
b. 5-1-3-4-2
c. 5-3-4-2-1
d. 1-5-3-4-2


3. Perhatikan ciri-ciri puisi rakyat berikut ini!
1. Terdiri dari dua baris dalam sebait
2. terdiri dari empat baris dalam sebait
3. Berisi nasihat atau kata-kata mutiara
4. Bersajak a-a-a-a
5. Bersajak a-b-a-b
6. Bersajak a-a
7. Semua baris adalah isi
8. Baris 1-2 sampiran,baris 3-4 isi
Berdasarkan cirri-ciri tersebut, yang merupakan ciri-ciri syair adalah …
a. 2-4-7
b. 1-6-7
c. 2-5-8
d. 1-3-6

4. Perbedaan pantun,gurindam,dan syair berdasarkan jumlah kata/suku kata yang tepat adalah …

5. Berikut adalah pasangan kata berima sama secara utuh …

6. Perhatikan pantun berikut ini!
Pergi ke laut membawa jala,
Jala ditebar sambil mengingat;
Meski hidup banyak kendala,
Haruslah kita selalu semangat.

Isi pantun tersebut adalah …
a. Janganlah putus asa dengan nasib yang telah digariskan.
b. Jika kita berusaha dengan keras, maka cita-cita akan tercapai.
c. Kita harus selalu membantu sesame manusia agar hidup kita jadi bahagia.
d. Meski kehidupan banyak cobaan dan aral melintang, kita tidak boleh menyerah, kita harus tetap semangat berjuang.

7. Perhatikan syair berikutini!
Wahai ananda intan pilihan
Berterus terang janganlah segan
Apa yang benar engkau katakan
Apa yang salah engkau tunjukkan

Isi dari syair tersebut adalah …
a. Agar kita tidak durhaka pada kedua orang tua.
b. Agar anak selalu jujur kepada semua orang, berkata tidak bohong agar selalu selamat dunia akhirat.
c. Agar anak jangan malu-malu.
d. Agar kita berterus terang. Katakan salah jika salah, katakan benar jika benar.Agar kita berterus terang. Katakan salah jika salah, katakan benar jika benar.

8. Perhatikan gurindam berikut ini!
Sebelum bekerja pikir dahulu
Agar pekerjaan selamat selalu

Isi dari gurindam tersebut adalah…
a. Jangan sembarangan memilih suatu pekerjaan,agar kita tidak terperosok karena pekerjaan yang salah.
b. Bekerjalah sesuka hati kita
c. Bekerjalah sesuai dengan kemampuan kita
d. Jangan bekerja terlalu pilih-pilih, yang penting mendapatkan pekerjaan.


9. Perhatikan pantun berikut ini!
Ambillah kapas menjadi benang
Ambillah benang menjadi kain
Kalau kamu ingin dikenang
Berbuat baiklah kepada orang lain

Ditinjau dari jenis kalimat yang digunakan, maka pernyataan yang salah adalah ….
a. Larik 1 dan 2 menggunakan kalimat perintah
b. Larik 3 dan 4 merupakan kalimat saran dengan pola hubungan syarat
c. Larik 3 dan 4 merupakan kalimat majemuk
d. Larik 1 dan 2 menggunakan kalimat ajakan

10. Maksud dan tujuan dalam struktur pantun disebut ....
a. Sampiran
b. Bait
c. Isi
d. Lirik

11. Perhatikan teks pantun berikut !
Ayo kita belanja ke pasar Selasa 1)
untuk membeli ikan dan beras 2)
Ayo kita belajar bersama-sama 3)
menghadapi ulangan kenaikan kelas 4)

Struktur isi teks pantun tersebut terdapat pada nomor ....
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d.3) dan 4)

12. Perhatikan kedua teks pantun berikut!
Teks Pantun 1
Limau purut lebat di pangkal,
sayang selasih condong uratnya.
Angin ribut dapat ditangkal,
hati yang kasih apa obatnya.

Teks Pantun 2
Lebat daun bunga tanjung,
berbau harum bunga cempaka.
Adat dijaga pusaka dijunjung,
baru terpelihara adat pusaka.
Perbedaan kedua jenis teks pantun tersebut adalah . . . .
a. Teks Pantun 1 berupa pantun perpisahan.
Teks Pantun 2 berupa pantun nasihat.
b. Teks Pantun 1 berupa pantun nasihat.
Teks Pantun 2 berupa pantun adat.
c. Teks Pantun 1 berupa pantun percintaan.
Teks Pantun 2 berupa pantun adat
d. Teks Pantun 1 berupa pantun agama
Teks Pantun 2 berupa pantun nasihat.

13. Perhatikan teks pantun berikut!
Tadi malam hujannya deras 1)
Sampai banjir kemana-mana 2)
Belajar yang rajin kalau di kelas 3)
Supaya pelajaran dapat dicerna 4)
Larik struktur sampiran dalam teks pantun tersebut adalah nomor . . . .
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 3) dan 4)

14. Perhatikan teks pantun berikut!
Bunga kenanga di atas kabur,
pucuk sari pandan jawa.
Apa guna sombong dan takabur,
rusak hati badan binasa.
Teks pantun tersebut termasuk jenis pantun . . . .
a. Jenaka
b. Agama
c. Adat
d. Anak-anak

15. Perhatikan pantun berikut!
Rumah kecil tiang seribu,
rumah besar tiang sebatang.
Kecil- kdan kecil ditimang ibu,
sudah besar ditimang gelombang.
Sampiran dan isi pantun tersebut menggunakan imaji . . . .
a. Visual dan auditif
b. Auditif dan taktil
c. Taktil dan taktil
d. Visual dan taktil

16. Perhatikan pantun-pantun berikut ini!
Elok rupanya kumbang jati, 1)
dibawa titik pulang petang. 2)
Tidak terkata besar hati, 3)
melihat ibu sudah datang. 4)
Daging dipotong berkerat-kerat, 5)
dicuri seekor kucing manja. 6)
Tekun belajar memang berat, 7)
tapi kelak terasa manfaatnya. 8)
Struktur sampiran teks pantun tersebut terdapat pada nomor . . . .
a. 1), 2), 4), dan 8)
b. 1), 2), 5), dan 6)
c. 3), 4), 5), dan 8)
d. 3), 4), 7), dan 8)

17. Cermati pantun rumpang berikut!
Budaya bangsa disanjung-sanjung,
pakai batik tidaklah malu.
[ . . . . ]
agar bangsa dihormat selalu.
Larik tepat untuk melengkapi isi pantun tersebut adalah . . . .
a. Laku dijaga adat di junjung,
b. Ada kucing belajar terbang,
c. Terbang tinggi dengan burung elang,
d. Kejarlah cita-cita setinggi gunung,






18. Perhatikan fabel berikut!
Rubah terus mengejar Kelinci.Sang Rubah tidak menyerah begitu saja.Rubah itu memiliki kemampuan berlari tanpa henti sehingga dia mampu mengejar Sang Kelinci tanpa kelelahan. Meskipun demikian sang Kelinci melompat dengan sangat cepat menghindari kejaran Rubah. Sang Rubah kehilangan jejak Kelinci. Rubah mulai mengendus-ngendus bau sang Kelinci. Tidak lama kemudian dia menemukan Kelinci itu. Kini dia mengejarnya lebih cepat dari sebelumnya, tetapi sang Kelinci itu tidak dapat dia kejar. Akhirnya, Rubah itu menyerah dan tidak melakukan pengejaran terhadap Kelinci itu lagi.
Penggunaan keterangan tempat yang tepat terdapat pada . . . .
a. Singa yang kelaparan sedang berburu dari hutan.
b. Si Kancil pergi di sungai untuk mencari minum.
c. Rubah berteduh ke bawah pohon yang rindang
d. Keledai berlari dari ladang menuju tengah hutan.

Perhatikan kutipan fabel berikut ini dan gunakan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 23 s.d. 26!
KANCA DAN MANGUT
Di hutan hiduplah dua ekor kancil.Mereka bernama Kanca dan Manggut.Kedua ekor kancil itu bersaudara.Manggut adalah kakak dari Kanca.Sebaliknya, Kanca adalah adik dari Manggut.Walaupun mereka bersaudara, tetapi sifat mereka sangatlah berbeda.Kanca rajin dan baik hati.Sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman-temannya.
Pada suatu hari Manggut kelaparan.Tetapi Manggut malas mencari makan.Akhirnya Manggut mencuri makanan Kanca.Waktu Kanca menanyai kepada Manggut di mana makanannya, Manggut menjawab dicuri tikus.
"Ah, mana mungkin dimakan tikus!" kata Kanca.
"Iya betul kok!Masa sama kakaknya tidak percaya!" jawab Manggut berbohong.
Mulanya Kanca tidak percaya dengan omongan Manggut.Tetapi setelah Manggut mengatakannya berkali-kali akhirnya Kanca percaya juga.Kanca memanggil tikus ke rumahnya.
"Ha? Mencuri?Berpikir saja aku belum pernah!" jawab tikus.
"Ah, si tikus! Kamu ini membela diri saja! Sudah, Kanca! Dia pasti berbohong," kata Manggut.
"Ya, sudahlah!Tikus, sebagai gantinya ambilkan makanan di seberang sungaisana.Tadi aku juga mengambil makanan dari sana!" kata Kanca mengakhiri percakapan.
Tikus berjalan ke tepi sungai.Ia menaiki perahu kecil untuk menuju seberang sungai. Sebenarnya tikus tahu kalau Manggut yang mencuri makanan.
Sementara itu, di bagian sungai yang lain, Manggut cepat-cepat menyeberangi sungai.Ia hendak memasang perangkap tikus agar tikus terperangkap.
Ketika tikus hampir mendekati seberang sungai, tikus melihat perangkap.Tikus yakin kalau perangkap itu dipasang oleh Manggut.Tiba-tiba tikus mendapat ide.Tikus berpura-pura tenggelam dalam sungai.
"Aaa...Manggut, tolong aku...!" teriak tikus.
Mendengar itu Manggut segera menolong tikus.Tikus meminta Manggutmengantarkannya ke seberang sungai.Manggut tidak bisa berbuat apa-apa.Ia mengantarkan tikus ke seberang sungai.
Sesampai di seberang sungai tikus meminta Manggut menemani tikus mengambil makanan.Karena Manggut tidak hati-hati, kakinya terperangkap dalam perangkap tikus. Manggut menyesali perbuatan buruknya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

23. Tokoh serta watak dari fabel di atas adalah…

24. Pernyataan yang sesuai dengan cerita fabel di atas adalah…….
a. Tikus di tuduh mengambil makanan mangut
b. Tikus membantu Kanca untuk mencari makanan
c. Kanca dan mangut bekerja sama untuk mencari makanan ke seberang sungai
d. Mangut kelaparan dan malas mencari makan sehingga dia mencuri makanan Kanca

25. Kalimat tidak langsung dari kalimat yang bergaris bawah pada fabel tersebut adalah…..
a. Kanca bertanya kepada Tikus tentang makanannya yang hilang
b. Kanca bertanya kepada tikus tentang siapa yang mengambil makanannya
c. Kanca bertanya kepada tikus, apakah benar tikus yang mengambil makannnya
d. Kanca bertanya kepada tikus apakah dia yang memakan makanan Mangut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?