1. Bacalah teks berikut!
Terkuaknya kasus vaksin palsu, belum lama ini, membuktikan bahwa kejahatan dengan modus baru telah terjadi di dunia kesehatan. Meskipun pihak Kementerian Kesehatan RI telah memberikan klarifikasi, namun tetap saja tak sedikit masyarakat yang dibuat resah dengan kejadian itu. Mereka diliputi kekhawatiran terhadap anak-anak balita mereka yang belum lama ini mendapat imunisasi.
Makna kata klarifikasi pada teks tersebut adalah ....
A, penjelasan tentang hal yang sebenarnya
B. pengusutan terhadap masalah yang terjadi
C. pemahaman terhadap akibat yang ditimbulkan
D. dugaan munculnya.masalah dan akibatnya
2. Bacalah teks berikut!
(1) Semua pasangan bakalan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah mempunyai tanggung jawab yang sama. (2) Mereka bertanggung jawab agar pemilihan Kepala Daerah Tahun 2017 berjalan aman dan damai. (3) Pilkada jangan sampai menggerogoti pembangunan ekonomi yang sudah mulai terjaga.
Maksud kalimat nomor (3) pada teks tersebut adalah ...
A. Pembangunan ekonomiakan berjalan lancar setelah pelaksanaan Pilkada 2017.
B. Pilkada Tahun 2017 sangat mengganggu pembangunan ekonomi yang sedang dilaksanakan.
C. Semua pihak mengharapkan Pilkada Tahun 2017 dilaksanakan setelah pembangunan ekonomi selesai.
D. Pilkada Tahun 2017 diharapkan tidak mengganggu pembangunan ekonomi yang sudah mapan.
3. Bacalah teks berikut!
Minat baca di Indonesia memang rendah. Namun demikian, kualitas perpustakaan kita justru di atas negara-negara maju. Membangun perpustakaan merupakan hal yang penting. Mengajak masyarakat untuk memiliki minat baca juga tak kalah penting.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Perpustakaan yang memadai tidak menjamin tingginya minat baca. '
B. Pengadaan perpustakaan yang berkualitas merupakan hal yang penting.
C. Minat baca di Indonesia tinggi karena disediakan perpustakaan.
D. Minat baca tinggi karena adanya perpustakaan yang berkualitas.
4. Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).(2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor .,.,
A, (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
5. Bacalah paragraf berikut!
Kebersihan lingkungan tidak akan sulit diterapkan apabila kita membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup bersih dan sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat dan produktif sehingga pada akhirnya rnenggapai kesuksesan. Penerapan pola hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga.
lde pokok paragraf tersebut adalah ....
A, penerapan kebersihan lingkungan
B. manfaat budaya hidup sehat bagi manusia
C. aktivitas hidup sehat mendukung kesuksesan
D. tempat penerapan pola hidup sehat
6. Bacalah paragraf berikut!
(1) Kontingen PON menembak Jabar mengalami perkembangan pesat dalam empat tahun terakhir. (2) Pada PON Tahun 2012, kontingen ini hanya.meraih satu medali emas. (3) Pada PON XIX Tahun 2016, Jabar meraih tiga belas medali emas. (4) Dengan perolehan medali tersebut, kontingen Jabar menjadi juara umum cabang olahraga menembak PON
XIX.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
7. Bacalah teks berikut!
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan UNESCO, tingkat membaca masyarakat Indonesia rendah. Namun dernikian, pemerirrtah tidak henti-hentinya melakukan upaya untuk meningkatkan budaya membaca. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tnenginstruksikan kepada setiap sekolah untuk mencanangkan gerakan 15 menit membaca sebelum pelajaran. Selain itu, dilakukan gerakan kampanye suka membaca kepada anak usia dini.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Minat membaca akan tumbuh dengan sendirinya sejak usia dini.
B, Kondisi rendahnya minat baca adalah kenyataan yang harus diterima.
C. Peerintah optimis bahwa minat baca masyarakat dapat ditingkatkan.
D. Dengan l5 menit membaca setiap hari, minat baca dapat meningkat.
8. Bacalah teks berikut!
Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya beserta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama Latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri seperti : daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya ntengandung serat bening sebagai daging.
Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang berbahan lidah buaya, di antaranya adalah obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. Jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik dan sangat membantu jika mengalami sembelit. Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai minuman yang menyehatkan.
Ringkasan teks tersebut adalah .. ,
A, Lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan.
B. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.
C. Lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu dan nilai komoditas menguntungkan.
D. Lidah buaya bermanfaat dan memiliki komoditas yang menguntungkan.
9. Bacalah kedua kutipan berita berikut!
Teks I
Laki-laki dan perempuan tua dan muda, menggemari beragam aktivitas di pantai favorit Bali, Pantai Legian. Merek sandal ternama asal Indonesia pun ikut berkontribusi memberikan kegembiraan dalam acara Lively Legian Beach Festival.
Teks II
Kesehatan adalah kekayaan utama. Tanpa kesehatan, kita akan sulit menikmati hidup. Kesehatan mudah didapat apabila setiap hari kita berniat menjaganya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerita tersebut adalah....
10. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan I
Pikiranku mengembara, menjelajah waktu. Beberapa bulan yang lalu saat Amira pindah ke desaku, Umur Amira sepadan denganku. Aku tidak tahu mcngapa ia pindah ke desa dan tinggal bersama neneknya padahal menurutku tinggal di kota, kan, lebih enak.
Aku tertunduk sendiri. Memeluk lutut dan mencoba mengingat kejadian yang terjadi begitu cepat. Seminggu yang lalu Amira masuk ICU dan ini adalah tujuh hari kepergiannya dari sisiku untuk selamanya.
Kutipan II
Sesampainya di rumah, Ibu menyuruh aku untuk segera membersihkan diri.
Pagi harinya, ketika aku bangun ibu sudah berangkat ke pasar. Terpaksa harus menunggu sampai siang, baru permintaan itu bisa aku sampaikan kepada ibu. Aku tidak tahu apa yang ada dalam pikiran ibu. Yang aku tahu, ibu terlihat sangat berat melepasku untuk kuliah di Jogja, Sore itu, aku menunggu jawaban ibu.
11. Bacalah kutipan cerita berikut!
Kerbau menantang katak, jika nanti malam hujan, dirinya akan memenuhi segala permintaan katak, Keesokkan harinya, katak menagih janji kerbau lantaran malam harinya turun hujan. Ternyata kerbau hanya bermulut besar. Katak merasa sangat kecewa, dia sudah sangat berharap akan bisa menikmati serangga kesukaannya.
Makna ungkapan bermulut besar pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. suka berbohong
B. tidak tahu malu
C. tidak sungguh-sungguh
D. suka menyombongkan diri
12. Bacalah kutipan cerita berikut!
Untuk mengisi libur sekolah Andi dan teman-temannya berencana pergi kemah. Mendadak orang tua Andi sakit. Firman dan Adi gelisah. Mereka pun menjemput Andi di rumahnya.
"Lho, kamu kok belum siap-siap?" tanya Firman.
"Maaf, ibuku tadi malam mendadak sakit. Aku tidak jadi ikut."
"Kenapa, kan masih ada adikmu. Kamu juga yang punya usul kemah" ujar Adi.
"lya, tetapi adikku kan masih kecil, tidak bisa menjaga dan merawat ibu"' kata Andi.
"Ah...,kamu bukan teman setia!" kata Firman dengan sedikit nada tinggi. Andi hanya bisa menghela napas.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ....
A. keinginan Firman untuk berkemah
B. Andi merupakan teman yang tidak setia
C, walaupun ibunya sakit, Andi pergi berkemah
D. Andi membataikan pergi berkemah karena ibunya sakit
13. Bacalah teks berikut!
Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. Ia selalu menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Pada tanggal 25 Desember 1972, ia mendirikan Indische Partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Organisasi ini ditolak oleh pemerintahan Belanda karena dianggap dapat mernbangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan menggerakan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. tahun 1908 aktif berorganisasi
B. organisasinya ditolak Belanda
C. memiliki nasionalisme tinggi
D. menggugah kesadaran masyarakat
14. Bacalah teks berikut!
Pertempuran legendaris 10 Norember 1945 silam selalu diidentikkan dengan nama Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo. Bung Tomo lahir di Surabaya, 3 Oktober 1920. Keluarga Bung Tomo sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan. Kartawan Tjiptowidjojo, ayahnya, pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan.
Bung Tomo suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan agar menjadi lebih baik. Bung Tomo terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO ketika berusia 12 tahun. Bung Tomo melakukan berbagai pekerjaan kecil-kecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. Ia menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi.
Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ....
A, sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan
B. tokoh legendaris pada peristiwa 10 November 1945
C. menyelesaikan pendidikannya di HBS lewat korenpondensi
D. suka bekerja keras memperbaiki keadaan agar lebih baik
15. Bacalah kutipan cerita berikut!
"Bu, Syifa boleh membeli baju?" tanya Syifa.
"Boleh," jawab ibu. Atas persetujuan ibu, Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan dia bertemu dengan pengemis. Syifa memutuskan untuk tidak jadi membeli baju. '''Syifa, mana baju yang kamu beli?" tanya ibu kepada Syifa. "Tidak jadi, Bu... karena uangnya aku kasih ke pengemis itu." jawab Syifa.
Tidak lama kemudian terdengar suara dari luar rumah memanggil namanya. Syifa bergegas ke luar rumah untuk melihat siapa yang datang. Ternyata teman Syifa, Lala namanya.
Tokoh utama pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Ibu
B. Syifa
C. Lala
D. Pengemis
16. Bacalah kutipan cerita berikut!
Pada suatu pagi, Kakek dan Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon. , "Aduh, kasihan sekali anak burung ini," kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati. "Kita rawat saia ya, Kek," uiar Nenek. Kakek Chen mengangguk setuju.
Latar tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. rumah dan dapur
B. rumah dan hutan
C. runtah dan pasar
D. rumah dan warung
17. Bacalah kutipan cerita berikut!
Rio membetulkan letak keranjang plastik di boncengan sepedanya. Tali-tali karet pengikat keranjang itu mulai kendur. Mungkin karena seringnya tali karet itu ditarik untuk mengikat keranjang kue dagangannya. Ya, keberangkatan Rio ke sekolah tak hanya memperjuangkan masa depannya. Dalam setiap keping uang koin hasil penjualan roti itu terdapat cita-cita adiknya dan juga beras jatah makan sekeluarganya. Waktu istirahat jam sekolah, tak pernah Rio rasakan dalam gurauan dan serunya berkejar-kejaran dengan teman. Ia harus rela mengejar mimpi melalui roti-roti dagangannya.
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Rio pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A, pelukisan fisik tokoh
B. penggambaran lingkungan tokoh
C. melalui tokoh lain
D. penggambaran tingkah laku tokoh
18. Bacalah kutipan cerita berikut
Kedasih tidak menjawab. Ia membaringkan tubuhnya yang terasa seperti kayu. Meski begitu, Kedasih bercerita tentang burung hantu dan belalang yang sombong dan tamak.
Kata Kedasih, belalang suka sekali mengganggu tidur siang burung hantu. Ia sering menyanyi dekat burung hantu. Suaranya berisik. Pada suatu hari belalang diiming-iming anggur. Kata burung hantu, anggur itu didapat dari Dewa Apollo. Anggur itu yang membuat suara Dewa Apollo begitu merdu. Belalang pun percaya..Ia meminta buah anggur yang dimiliki burung hantu agar suaranya semerdu Dewa Apollo. Saat belalang mendekat ke-burung hantu, haaapp! Nyaem ...nyaeeemm,"' cerita Kedasih menirukan burung hantu menerkam belalang.
Makna simbol kata burung hantu pada kutipan tersebut adalah ...
A. ketidakberdayaan
B. kesombongan
C. kecerdikan
D. kesabaran
19. Bacalah kutipan cerita berikut!
Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.
Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Jangan melakukan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi.
B. Jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut.
C. Lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan,
D. Jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan.
20. Bacalah kutipan cerita berikut!
Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap, Teman-temannya sering meledek dan menggodanya, Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannva, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnva.
Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah .,..
A. dalam pergaulah harus memusnahkan sikap berkuasa
B. dengan teman harus saling menggoda dan meledek
C. berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri
D. kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan
21. Bacalah kutipan cerita berikut!
Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam, Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di mana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom, Akhirnya, ia pun mencoba membuka bungkusan tersebut.
Penyebab konflik pada kutipan cerita tersebut adalah .. ..
A. Ipiin menjadi gemetaran karena menemukan sebuah benda
B. Ipiin ragu dan takut karena sering terjadi peledakan bom.
C. Ipiin menemukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitam
D. Ipiin mencoba membuka bungkusan plastik yang ditemukannya
22. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Teks I
"Serang ...!", teriak Paman Belalang. Dengan cepat Bapak Laba-laba menjatuhkan jaring besarnya tepat di atas kodok itu. Kedua kodok itu terperangkap oleh jaring laba-laba. Mereka pun tidak dapat bergerak. Para pejantan semut merah
dan semut hitam mengelilingi serta menggigiti keduanya. Kodok-kodok itu berteriak kesakitan. Akhirnya, mereka menyerah dan meminta maaf
kepada para serangga. Kakek Cacing memerintahkan Bapak Laba-laba untuk
membuka jaring-jaringnya. Lalu, ia menyuruh kedua kodok itu pergi dari desa serangga.
Teks II
Dikisahkan hiduplah sekelompok binatang di sebuah kampung.
Binatang-binatang itu bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Di kampung itu mereka saling bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
Pada suatu hari ada seekor jerapah yang tengah mencari pekerjaan. Sang
Jerapah itu bernama Jiji. Dia ingin segera mendapat pekerjaan. Pekerjaan
apa saja yang penting tidak merugikan orang lain.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan ....
a. Teks 1: perkenalan tokoh, Teks 2: lokasi cerita
b. Teks 1: garis besar cerita, Teks 2: aksi tokoh
c. Teks 1: aksi tokoh, Teks 2: pengenalan tokoh
d. Teks 1: perkenalan tokoh, Teks 2: lokasi cerita
23. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan I
"Bagaimana?" ia penasaran. "Soal pemilihan ketua PKK?" diterkanya apa yang
bergerak di balik jidatku.
"Bukan," aku menidakkan. Ketua PKK terpilih, Ibu Sasongko, kelihatannya
tak percaya dengan perkataanku. Wajahnya merah padam seperti menahan amarah.
"Lantas, apa yang kamu tahu?" tanyanya sedikit sinis.
"Maaf, aku nggak tahu apa-apa," jawabku.
"Pandai benar engkau bersilat lidah," balasnya.
Kutipan II
Suatu pagi terdengar ribut-ribut di luar kamar. Rupanya para penghuni rumah
kos dikejutkan berita sakitnya Bu Marta. Walau terkadang sikap dan kelakuan
Bu Marta yang suka buat kesal dan marah penghuni kos lainnya, tetapi penghuni kos tidak menaruh dendam padanya.
"Siangnya para penghuni kos berbondong-bondong menjenguk Bu Marta.
Sungguh di luar perkiraan Bu Marta, ternyata penghuni kos sangat peduli dengan
dirinya."
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Kutipan I: menggunakan kalimat langsung, Kutipan II: menggunakan kalimat tidak langsung
b. Kutipan I: banyak menggunakan majas, Kutipan II: tidak menggunakan majas
c. Kutipan I: menggunakan ungkapan, Kutipan II: tidak menggunakan ungkapan
d. Kutipan I: menggunakan bahasa daerah, Kutipan II: tidak menggunaKan bahasa daerah
24. Bacalah kutipan cerita berikut!
Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia
malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.
Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. setiap malam berpesta
B. membagi makanan
C. hidup menyendiri
D. aneh dan pemalu
25. Bacalah kutipan cerita berikut!
Sore itu aku duduk seorang diri di tepi pantai, memandang dunia yang terdiri atas waktu. Memandang bagaimana ruang dan waktu bersekutu, menjelmakan alam itu untuk mataku. Di tepi pantai, sementara sapuan warna keemasan dan lautan adalah cairan logam meski
buih debur ombak yang menghempas itu tetap saja putih seperti kapas dan langit.
Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ....
A. mehggunakan pola pengembangan alur mundur
B. gaya bahasa yang indah dalam menggambarkan pantai
C, sudut pandang yang digunakan orang ketiga
D. menceritakan pengalaman tokoh di daerah pantai
26. Perhatikan kalimat berikut!
Salah satu upaya penanggulangan banjir ialah dengan membuat saluran air [ ... ] got ke sungai.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ,...
A. di
B. ke
C. dari
D. pada
27. Perhatikan kalimat berikut!
[ ... ], hebat sekali kamu, ulangan matematika sesulit itu mendapat nilai sempurna!
Kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. Wah
B. Aduh
C. Hai
D. Ah
28. Bacalah petuniuk berikut!
Membuat Puding Kelapa Muda
(l) Sediakan agar-agar, gula, santan, kelapa muda, vanili, dan telur lalu kocok.
(2) Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat.
(3) Tuanglah ke dalam cetakan.
(4) Masak air sampai mendidih.
(5) Setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok.
Urutan petunjuk membuat puding kelapa muda tersebut yang tepat adalah ....
A. (1), (3), (2), (4), (5)
B. (1), (4), (5), (2), (3)
c. (4), (1), (2), (5), (1)
D. (4), (s), (3), (1), (2)
29. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kelompok Melati mengadakan pengamatan di Kali Brantas.
(2j Air Kali Brantas sangat jernih. Aliran air Kali Brantas sangat lancar.
(3) Kegiatan dilakukan Minggu, 7 Agustus 2016.
(4) Air Kali Brantas digunakan masyarakat di sekitar Kali Brantas untuk mencuci.
(5) Setiap sore hari banyak anak yang berenang di Kali Brantas.
Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ...
A. (l) - (3) - (2) - (4) - (5)
B. (l) - (2) - (5) - (4) - (3)
c. (5) - (3) - (2) - (1) - (4)
D. (5) - (1) - (3) - (2) - (4)
30. Pehatikan teks berikut!
Batik telah dikenal sejak zaman Majapahit, bahkan bisa lebih lama sebelumnya yaitu masa kerajaan Mataram Kuno [...] Arca para dewa bisa dijumpai di candi Hindu maupun Budha, seperti di Candi Prambanan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Arca para dewa zaman dahulu diberi busana batik.
B. Batik sudah banyak digunakan para raja zaman dahulu.
c. Bukti kehadirannya dapat disaksikan pada ukiran arca para dewa
D. Batik digunakan sebagai pakaian kebesaran para bangsawan.
31. Bacalah kutipan cerita berikut!
Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.
Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat
adalah .,.
A. Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah
kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan
menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika kami
menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit
karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur
dengan penghasilannya.
B. Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia
rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung
buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi
penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena
sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan
penghasilannya.
C. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah
kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan dan
menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku
menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit
karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur
dengan penghasilanku.
D. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami
rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung
buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi
penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena
sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan
penghasilan kami.
32. Bacalah teks drama berikut!
Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat
kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.
Banu : Din, aku minta.iawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini : A dan C.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11 dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia
terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.
Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah ."
A. Kelasku sedang menghadapi ujian Matematika. Aku, Banu, Siti. Dina, dan Adi
sangat kewalahan menjawab soal-soal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada
Dina, "Din... soal nomor 5 dan 6 jawabnya apa?" "Ngga tau" jawab Dina," tanya
Dini sana!"
B. Ketika ujian Matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik
sana, lirik sini. "Din... soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya?" ujar Banu, penuh harap.
"A dan C," jawab Dini sedikit keras. "Ssst... jangan keras-keras dong, ntar Bu
Guru dengar. Mereka asyik contek-contekan, sementara Budi serius dengan
pekerjaanya sendiri.
C. Ujian Matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima
sekawan, Budi, Balu, Dini, Siti, dan Adi pun merasa kewalahan juga. "Din,
jawaban soal nomor 5 dan 6 apa?" tanya Banu memecah keheningan ruang ujian.
"A dan C", jawab Dini, "Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?" tanya
Sita. "Nomor 1O A, 11 D, dan nomor 15 aku belum selesai", jawab Banu. Walaupun
keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks dan mengerjakan sendiri
soalnya tanpa mencontek.
D. Bu Guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya.
Begitu juga dengan Banu, Dini, Siti, Budi, dan Adi. Mereka saling contek,
termasuk juga Budi. "Soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya Din," tanya Budi. "A dan
C, jawab Dini, "Terus soal nomor 10, 11, dan 15 apa jawabnya Sit?" tanya Adi.
"SssSSt.... jangan kcras-keras!" kata Dini," ntar Bu Guru dengar."
33. Bacalah data hasil pengamatan berikut!
Kelompok : Bung Tomo
Objek yang diamati : Gunung Tangkuban Perahu
Waktu pengamatan : Selasa, 11 Juni 2016
Tujuan : mengetahui kondisi Gunung Tangkuban Perahu
Hasilpengamatan :
- berada di sebelah utara Bandung
- tingginya 2.084 m
- bentuknya strato volkano
- suhu berada antara 2oC s.d. 17oC
Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
A. Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban
Perahu pada hari Selasa, 11 Juni 2016. Tujuan pengamatan adalah untuk
mengetahui kondisi gunung tersebut. Gunung Tangkuban Perahu berada di
sebelah utara Kota Bandung. Gunung yang tingginya mencapai 2.084 m ini
berbentuk strato volkano. Suhu di sekitarnya mencapai ZoC pada malam hari dan
I 7oC pada siang hari.
B. Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan tentang Gunung Tangkuban
Perahu. Pengamatan dilakukan hari Selasa, 11 Juni 2016. Gunung Tangkuban
Perahu dikelola oleh Perhutani. Setiap hari terutaman pada hari libur, gunung ini
banyak dikunjungi wisatawan. Gunung yang berbentuk strato volkano ini
termasuk gunung berapi yang masih aktif.
C. Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap gunung yang dikelola
Perhutani. Salah satunya adalah Gunung Tangkuban Perahu di daerah utara Kota
Bandung. Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif. Walaupun demikian,
gunung ini selalu banyak dikunjungi wisatawan karena suhu di sekitarnya dingin.
D. Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban
Perahu, Tujuan pengamatan adalah mengetahui cara Perum Perhutani mengelola
gunung ini sebagai objek wisata. Tangkuban Perahu yang berada di kawasan utara
Bandung ini berbentuk strato volkano. Tinggi gunung mencapai 2.084 dan suhu
di sekitar kawasan ini mencapai ZoC pada malam hari.
34. Bacalah kalimat berikut!
Pemerintah Indonesia mencari cara terbaru agar hasil panen meluap dan berkualitas tinggi.
Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. mencari
B. terbaru
C. meluap
D. berkualitas
35. Bacalah teks berikut!
(1) Sejak pagi, pengurus OSIS sibuk menyiapkan keperluan untuk acara jalan
sehat. (2) Mereka membawa hadiah dari ruang OSIS. (3) Kupon hadiah untuk para peserta jalan sehat telah mereka siapkan juga. (4) Tepat pukul 07.00 semua peserta telah hadir disekolah.
Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
36. Perhatikan kalimat berikut!
Gedung itu direnovasi dengan [ ... ] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. menyibukkan
B. menampilkan
C. menjadikan
D. melibatkan
37. Perhatikan kalimat berikut!
Ditemani oleh [ ... ] suami, Alien menjelaskan permasalahan yang sebenarnya terjadi.
Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut ....
A. si
B. sang
C. tuan
D. dang
38. Perhatikan teks berikut!
Banjir sudah menjadi agenda tahunan (1) ... masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar (2) ...
menyelesaikan masalah ini.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. (1) untuk, (2) bagi
B, (1) oleh, (2) untuk
C. (1) oleh, (2) bagi
D. (1) bagi, (2) untuk
39. Bacalah teks berikut!
Banyak kejadian di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak karena mendapatkan provokator dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Itulah yang menyebabkan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melakukan klasifikasi dulu kepada pihak lain sehingga tidak gegabah dan emosional.
Pengganti istilah anarkisme dan klasifikasi pada teks tersebut secara berturut-turut adalah ....
A. anarki, klarifikasi
B. anarkis, klarifikasi
C. anarkistis,klarifikasi
D. anarkis, verifikasi
40. Bacalah kalimat berikut!
Irma mengikuti kegiatan pertukaran pelajar antar negara di luar negeri
Perbaikan penulisan gabungan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. pertukaran seharusnya per-tukaran
B. pertukaran pelajar seharusnya pertukaran-pelajar
C. antar negara seharusnya antarnegara
D. luar negeri seharusnya luarnegeri
41. Perhatikan kalimat berikut!
Saat hari lebaran, saya saling bermaaf-maafan dengan saudara.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah ...
A. Saat lebaran, saya saling bermaaf-maafan dengan saudara.
B. Saat hari Lebaran, saya bermaaf-maafan dengan saudara.
C. Saat Lebaran, saya bermaaf-maafan dengan saudara.
D. Saat hari Lebaran, saya saling bermaafan dengan saudara.
42. Bacalah teks berikut!
(1) Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. (2) Usia remaja berada pada kisaran usia l0 tahun sampai dengan 21 tahun. (3) Kenakalan remaja merupakan masalah tanggung jawab semua pihak. (4) Pada usia itu, remaja sedang mencari identitas dirinya.
Perbaikan teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan menghilangkan kalimat nomor....
A. (l)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
43. Bacalah kalimat berikut!
Kabarnya, presiden akan mengadakan reshuffle kabinet untuk supaya meningkatkan kinerja pemerintah.
Penggunaan kata hubung dalam kalimat tersebut tidak tepat karena ....
A. kata supaya tidak diperlukan
B. kata untuk bermakna tujuan
C. kata supaya bermakna alasan
D. kata untuk menyatakan asal
44. Bacalah kalimat berikut!
Dalam penyelaman itu menemukan benda-benda kuno di dasar laut.
Kalimat tersebut tidak efektif karena ....
A. memiliki makna ganda
B. tidak memiliki subjek
C. predikatnya kata kerja pasif
D. tidak disertai keterangan tempat
45. Bacalah kalimat berikut!
Peneliti asal Amerika Serikat melakukan studi jangka panjang terhadap pola pendidikan anak genius yang melibatkan 5.000 anak genius dan intelektual tinggi selama 45 tahun.
Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ....
46. Bacalah kalimat berikut!
Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata di Bali, tepatnya di sebelah selatan pulau Dewata.
Kesalahan penulisan huruf pada kalimat tersebut terdapat pada kata ....
A. Kuta
B. Bali
C. selatan
D. Dewata
47. Bacalah teks berikut!
(1) Kegiatan literasi menjadi salah satu program sekolah. (2) Semua sekolah diharapkan dapat melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu kegiatan yang; dilakukan untuk menunjang GLS; adalah 15 menit membaca pada awal jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini, semua siswa diharapkan memiliki minat baca yang tinggi.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor....
A. (1)
B, (2)
c. (3)
D. (4)
48. Bacalah teks berikut!
Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi.
Perbaikan penulisan huruf kapital kata pada teks tersebut adalah....
A. Museum geologi Bandung, Benua Eropa
B. Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
C. museum Geologi Bandung, Benua Eropa
D. museum Geologi Bandung, benua eropa
49. Perhatikan kalimat berikut!
Semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan wajib mengikuti upacara.
Perbaikan penulisan tanda baca koma pada kalimat tersebut yang tepat adalah ,,,
A. Semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan wajib, mengikuti upacara.
B. Semua siswa baik laki-laki, maupun perempuan, wajib mengikuti upacara.
C. Semua siswa, baik laki-laki maupun perempuan, wajib mengikuti upacara.
D. Semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan, wajib mengikuti upacara.
50. Bacalah teks berikut!
Ibu membutuhkan: minyak goreng, tepung terigu, dan pisang untuk membuat pisang goreng kesukaan Dila. Walaupun tiap sore ada penjual pisang goreng yang selaluberjualan di depan rumahnya, Dila tidak tergoda.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada teks tersebut adalah ....
A. tanda baca koma (,) sebelum kata dan tidak diperlukan
B. tanda baca titik (,) tidak diperlukan setelah kata tergoda
C. tanda baca titik dua (:) tidak diperlukan setelah kata membutuhkan
D. tanda baca koma (,) pada kalimat kedua tidak perlu
Terkuaknya kasus vaksin palsu, belum lama ini, membuktikan bahwa kejahatan dengan modus baru telah terjadi di dunia kesehatan. Meskipun pihak Kementerian Kesehatan RI telah memberikan klarifikasi, namun tetap saja tak sedikit masyarakat yang dibuat resah dengan kejadian itu. Mereka diliputi kekhawatiran terhadap anak-anak balita mereka yang belum lama ini mendapat imunisasi.
Makna kata klarifikasi pada teks tersebut adalah ....
A, penjelasan tentang hal yang sebenarnya
B. pengusutan terhadap masalah yang terjadi
C. pemahaman terhadap akibat yang ditimbulkan
D. dugaan munculnya.masalah dan akibatnya
2. Bacalah teks berikut!
(1) Semua pasangan bakalan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah mempunyai tanggung jawab yang sama. (2) Mereka bertanggung jawab agar pemilihan Kepala Daerah Tahun 2017 berjalan aman dan damai. (3) Pilkada jangan sampai menggerogoti pembangunan ekonomi yang sudah mulai terjaga.
Maksud kalimat nomor (3) pada teks tersebut adalah ...
A. Pembangunan ekonomiakan berjalan lancar setelah pelaksanaan Pilkada 2017.
B. Pilkada Tahun 2017 sangat mengganggu pembangunan ekonomi yang sedang dilaksanakan.
C. Semua pihak mengharapkan Pilkada Tahun 2017 dilaksanakan setelah pembangunan ekonomi selesai.
D. Pilkada Tahun 2017 diharapkan tidak mengganggu pembangunan ekonomi yang sudah mapan.
3. Bacalah teks berikut!
Minat baca di Indonesia memang rendah. Namun demikian, kualitas perpustakaan kita justru di atas negara-negara maju. Membangun perpustakaan merupakan hal yang penting. Mengajak masyarakat untuk memiliki minat baca juga tak kalah penting.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ...
A. Perpustakaan yang memadai tidak menjamin tingginya minat baca. '
B. Pengadaan perpustakaan yang berkualitas merupakan hal yang penting.
C. Minat baca di Indonesia tinggi karena disediakan perpustakaan.
D. Minat baca tinggi karena adanya perpustakaan yang berkualitas.
4. Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).(2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor .,.,
A, (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
5. Bacalah paragraf berikut!
Kebersihan lingkungan tidak akan sulit diterapkan apabila kita membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup bersih dan sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat dan produktif sehingga pada akhirnya rnenggapai kesuksesan. Penerapan pola hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga.
lde pokok paragraf tersebut adalah ....
A, penerapan kebersihan lingkungan
B. manfaat budaya hidup sehat bagi manusia
C. aktivitas hidup sehat mendukung kesuksesan
D. tempat penerapan pola hidup sehat
6. Bacalah paragraf berikut!
(1) Kontingen PON menembak Jabar mengalami perkembangan pesat dalam empat tahun terakhir. (2) Pada PON Tahun 2012, kontingen ini hanya.meraih satu medali emas. (3) Pada PON XIX Tahun 2016, Jabar meraih tiga belas medali emas. (4) Dengan perolehan medali tersebut, kontingen Jabar menjadi juara umum cabang olahraga menembak PON
XIX.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
7. Bacalah teks berikut!
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan UNESCO, tingkat membaca masyarakat Indonesia rendah. Namun dernikian, pemerirrtah tidak henti-hentinya melakukan upaya untuk meningkatkan budaya membaca. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tnenginstruksikan kepada setiap sekolah untuk mencanangkan gerakan 15 menit membaca sebelum pelajaran. Selain itu, dilakukan gerakan kampanye suka membaca kepada anak usia dini.
Simpulan isi teks tersebut adalah ...
A. Minat membaca akan tumbuh dengan sendirinya sejak usia dini.
B, Kondisi rendahnya minat baca adalah kenyataan yang harus diterima.
C. Peerintah optimis bahwa minat baca masyarakat dapat ditingkatkan.
D. Dengan l5 menit membaca setiap hari, minat baca dapat meningkat.
8. Bacalah teks berikut!
Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya beserta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama Latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri seperti : daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya ntengandung serat bening sebagai daging.
Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang berbahan lidah buaya, di antaranya adalah obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit. Jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik dan sangat membantu jika mengalami sembelit. Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai minuman yang menyehatkan.
Ringkasan teks tersebut adalah .. ,
A, Lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan.
B. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.
C. Lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu dan nilai komoditas menguntungkan.
D. Lidah buaya bermanfaat dan memiliki komoditas yang menguntungkan.
9. Bacalah kedua kutipan berita berikut!
Teks I
Laki-laki dan perempuan tua dan muda, menggemari beragam aktivitas di pantai favorit Bali, Pantai Legian. Merek sandal ternama asal Indonesia pun ikut berkontribusi memberikan kegembiraan dalam acara Lively Legian Beach Festival.
Teks II
Kesehatan adalah kekayaan utama. Tanpa kesehatan, kita akan sulit menikmati hidup. Kesehatan mudah didapat apabila setiap hari kita berniat menjaganya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan cerita tersebut adalah....
10. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan I
Pikiranku mengembara, menjelajah waktu. Beberapa bulan yang lalu saat Amira pindah ke desaku, Umur Amira sepadan denganku. Aku tidak tahu mcngapa ia pindah ke desa dan tinggal bersama neneknya padahal menurutku tinggal di kota, kan, lebih enak.
Aku tertunduk sendiri. Memeluk lutut dan mencoba mengingat kejadian yang terjadi begitu cepat. Seminggu yang lalu Amira masuk ICU dan ini adalah tujuh hari kepergiannya dari sisiku untuk selamanya.
Kutipan II
Sesampainya di rumah, Ibu menyuruh aku untuk segera membersihkan diri.
Pagi harinya, ketika aku bangun ibu sudah berangkat ke pasar. Terpaksa harus menunggu sampai siang, baru permintaan itu bisa aku sampaikan kepada ibu. Aku tidak tahu apa yang ada dalam pikiran ibu. Yang aku tahu, ibu terlihat sangat berat melepasku untuk kuliah di Jogja, Sore itu, aku menunggu jawaban ibu.
11. Bacalah kutipan cerita berikut!
Kerbau menantang katak, jika nanti malam hujan, dirinya akan memenuhi segala permintaan katak, Keesokkan harinya, katak menagih janji kerbau lantaran malam harinya turun hujan. Ternyata kerbau hanya bermulut besar. Katak merasa sangat kecewa, dia sudah sangat berharap akan bisa menikmati serangga kesukaannya.
Makna ungkapan bermulut besar pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. suka berbohong
B. tidak tahu malu
C. tidak sungguh-sungguh
D. suka menyombongkan diri
12. Bacalah kutipan cerita berikut!
Untuk mengisi libur sekolah Andi dan teman-temannya berencana pergi kemah. Mendadak orang tua Andi sakit. Firman dan Adi gelisah. Mereka pun menjemput Andi di rumahnya.
"Lho, kamu kok belum siap-siap?" tanya Firman.
"Maaf, ibuku tadi malam mendadak sakit. Aku tidak jadi ikut."
"Kenapa, kan masih ada adikmu. Kamu juga yang punya usul kemah" ujar Adi.
"lya, tetapi adikku kan masih kecil, tidak bisa menjaga dan merawat ibu"' kata Andi.
"Ah...,kamu bukan teman setia!" kata Firman dengan sedikit nada tinggi. Andi hanya bisa menghela napas.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ....
A. keinginan Firman untuk berkemah
B. Andi merupakan teman yang tidak setia
C, walaupun ibunya sakit, Andi pergi berkemah
D. Andi membataikan pergi berkemah karena ibunya sakit
13. Bacalah teks berikut!
Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. Ia selalu menyampaikan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Pada tanggal 25 Desember 1972, ia mendirikan Indische Partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Organisasi ini ditolak oleh pemerintahan Belanda karena dianggap dapat mernbangkitkan rasa nasionalisme rakyat dan menggerakan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut adalah ....
A. tahun 1908 aktif berorganisasi
B. organisasinya ditolak Belanda
C. memiliki nasionalisme tinggi
D. menggugah kesadaran masyarakat
14. Bacalah teks berikut!
Pertempuran legendaris 10 Norember 1945 silam selalu diidentikkan dengan nama Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo. Bung Tomo lahir di Surabaya, 3 Oktober 1920. Keluarga Bung Tomo sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan. Kartawan Tjiptowidjojo, ayahnya, pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan.
Bung Tomo suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan agar menjadi lebih baik. Bung Tomo terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO ketika berusia 12 tahun. Bung Tomo melakukan berbagai pekerjaan kecil-kecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. Ia menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi.
Hal yang patut diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah ....
A, sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan
B. tokoh legendaris pada peristiwa 10 November 1945
C. menyelesaikan pendidikannya di HBS lewat korenpondensi
D. suka bekerja keras memperbaiki keadaan agar lebih baik
15. Bacalah kutipan cerita berikut!
"Bu, Syifa boleh membeli baju?" tanya Syifa.
"Boleh," jawab ibu. Atas persetujuan ibu, Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan dia bertemu dengan pengemis. Syifa memutuskan untuk tidak jadi membeli baju. '''Syifa, mana baju yang kamu beli?" tanya ibu kepada Syifa. "Tidak jadi, Bu... karena uangnya aku kasih ke pengemis itu." jawab Syifa.
Tidak lama kemudian terdengar suara dari luar rumah memanggil namanya. Syifa bergegas ke luar rumah untuk melihat siapa yang datang. Ternyata teman Syifa, Lala namanya.
Tokoh utama pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Ibu
B. Syifa
C. Lala
D. Pengemis
16. Bacalah kutipan cerita berikut!
Pada suatu pagi, Kakek dan Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon. , "Aduh, kasihan sekali anak burung ini," kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati. "Kita rawat saia ya, Kek," uiar Nenek. Kakek Chen mengangguk setuju.
Latar tempat pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. rumah dan dapur
B. rumah dan hutan
C. runtah dan pasar
D. rumah dan warung
17. Bacalah kutipan cerita berikut!
Rio membetulkan letak keranjang plastik di boncengan sepedanya. Tali-tali karet pengikat keranjang itu mulai kendur. Mungkin karena seringnya tali karet itu ditarik untuk mengikat keranjang kue dagangannya. Ya, keberangkatan Rio ke sekolah tak hanya memperjuangkan masa depannya. Dalam setiap keping uang koin hasil penjualan roti itu terdapat cita-cita adiknya dan juga beras jatah makan sekeluarganya. Waktu istirahat jam sekolah, tak pernah Rio rasakan dalam gurauan dan serunya berkejar-kejaran dengan teman. Ia harus rela mengejar mimpi melalui roti-roti dagangannya.
Cara pengarang menggambarkan watak tokoh Rio pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A, pelukisan fisik tokoh
B. penggambaran lingkungan tokoh
C. melalui tokoh lain
D. penggambaran tingkah laku tokoh
18. Bacalah kutipan cerita berikut
Kedasih tidak menjawab. Ia membaringkan tubuhnya yang terasa seperti kayu. Meski begitu, Kedasih bercerita tentang burung hantu dan belalang yang sombong dan tamak.
Kata Kedasih, belalang suka sekali mengganggu tidur siang burung hantu. Ia sering menyanyi dekat burung hantu. Suaranya berisik. Pada suatu hari belalang diiming-iming anggur. Kata burung hantu, anggur itu didapat dari Dewa Apollo. Anggur itu yang membuat suara Dewa Apollo begitu merdu. Belalang pun percaya..Ia meminta buah anggur yang dimiliki burung hantu agar suaranya semerdu Dewa Apollo. Saat belalang mendekat ke-burung hantu, haaapp! Nyaem ...nyaeeemm,"' cerita Kedasih menirukan burung hantu menerkam belalang.
Makna simbol kata burung hantu pada kutipan tersebut adalah ...
A. ketidakberdayaan
B. kesombongan
C. kecerdikan
D. kesabaran
19. Bacalah kutipan cerita berikut!
Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.
Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ...
A. Jangan melakukan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi.
B. Jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut.
C. Lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan,
D. Jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan.
20. Bacalah kutipan cerita berikut!
Kenari merasa malu dan kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temannya. Tubuhnya kecil dan mengeluarkan bau tak sedap, Teman-temannya sering meledek dan menggodanya, Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih dan tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi dan rajin membersihkan diri. Ia tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannva, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnva.
Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah .,..
A. dalam pergaulah harus memusnahkan sikap berkuasa
B. dengan teman harus saling menggoda dan meledek
C. berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri
D. kurang percaya diri hal biasa dalam pergaulan
21. Bacalah kutipan cerita berikut!
Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam, Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia ragu-ragu dan merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom di mana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom, Akhirnya, ia pun mencoba membuka bungkusan tersebut.
Penyebab konflik pada kutipan cerita tersebut adalah .. ..
A. Ipiin menjadi gemetaran karena menemukan sebuah benda
B. Ipiin ragu dan takut karena sering terjadi peledakan bom.
C. Ipiin menemukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitam
D. Ipiin mencoba membuka bungkusan plastik yang ditemukannya
22. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Teks I
"Serang ...!", teriak Paman Belalang. Dengan cepat Bapak Laba-laba menjatuhkan jaring besarnya tepat di atas kodok itu. Kedua kodok itu terperangkap oleh jaring laba-laba. Mereka pun tidak dapat bergerak. Para pejantan semut merah
dan semut hitam mengelilingi serta menggigiti keduanya. Kodok-kodok itu berteriak kesakitan. Akhirnya, mereka menyerah dan meminta maaf
kepada para serangga. Kakek Cacing memerintahkan Bapak Laba-laba untuk
membuka jaring-jaringnya. Lalu, ia menyuruh kedua kodok itu pergi dari desa serangga.
Teks II
Dikisahkan hiduplah sekelompok binatang di sebuah kampung.
Binatang-binatang itu bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing.
Di kampung itu mereka saling bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
Pada suatu hari ada seekor jerapah yang tengah mencari pekerjaan. Sang
Jerapah itu bernama Jiji. Dia ingin segera mendapat pekerjaan. Pekerjaan
apa saja yang penting tidak merugikan orang lain.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan ....
a. Teks 1: perkenalan tokoh, Teks 2: lokasi cerita
b. Teks 1: garis besar cerita, Teks 2: aksi tokoh
c. Teks 1: aksi tokoh, Teks 2: pengenalan tokoh
d. Teks 1: perkenalan tokoh, Teks 2: lokasi cerita
23. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan I
"Bagaimana?" ia penasaran. "Soal pemilihan ketua PKK?" diterkanya apa yang
bergerak di balik jidatku.
"Bukan," aku menidakkan. Ketua PKK terpilih, Ibu Sasongko, kelihatannya
tak percaya dengan perkataanku. Wajahnya merah padam seperti menahan amarah.
"Lantas, apa yang kamu tahu?" tanyanya sedikit sinis.
"Maaf, aku nggak tahu apa-apa," jawabku.
"Pandai benar engkau bersilat lidah," balasnya.
Kutipan II
Suatu pagi terdengar ribut-ribut di luar kamar. Rupanya para penghuni rumah
kos dikejutkan berita sakitnya Bu Marta. Walau terkadang sikap dan kelakuan
Bu Marta yang suka buat kesal dan marah penghuni kos lainnya, tetapi penghuni kos tidak menaruh dendam padanya.
"Siangnya para penghuni kos berbondong-bondong menjenguk Bu Marta.
Sungguh di luar perkiraan Bu Marta, ternyata penghuni kos sangat peduli dengan
dirinya."
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Kutipan I: menggunakan kalimat langsung, Kutipan II: menggunakan kalimat tidak langsung
b. Kutipan I: banyak menggunakan majas, Kutipan II: tidak menggunakan majas
c. Kutipan I: menggunakan ungkapan, Kutipan II: tidak menggunakan ungkapan
d. Kutipan I: menggunakan bahasa daerah, Kutipan II: tidak menggunaKan bahasa daerah
24. Bacalah kutipan cerita berikut!
Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, dan bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia
malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.
Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar pada kutipan cerita tersebut adalah ....
A. setiap malam berpesta
B. membagi makanan
C. hidup menyendiri
D. aneh dan pemalu
25. Bacalah kutipan cerita berikut!
Sore itu aku duduk seorang diri di tepi pantai, memandang dunia yang terdiri atas waktu. Memandang bagaimana ruang dan waktu bersekutu, menjelmakan alam itu untuk mataku. Di tepi pantai, sementara sapuan warna keemasan dan lautan adalah cairan logam meski
buih debur ombak yang menghempas itu tetap saja putih seperti kapas dan langit.
Keunggulan kutipan cerita tersebut adalah ....
A. mehggunakan pola pengembangan alur mundur
B. gaya bahasa yang indah dalam menggambarkan pantai
C, sudut pandang yang digunakan orang ketiga
D. menceritakan pengalaman tokoh di daerah pantai
26. Perhatikan kalimat berikut!
Salah satu upaya penanggulangan banjir ialah dengan membuat saluran air [ ... ] got ke sungai.
Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ,...
A. di
B. ke
C. dari
D. pada
27. Perhatikan kalimat berikut!
[ ... ], hebat sekali kamu, ulangan matematika sesulit itu mendapat nilai sempurna!
Kata seru yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. Wah
B. Aduh
C. Hai
D. Ah
28. Bacalah petuniuk berikut!
Membuat Puding Kelapa Muda
(l) Sediakan agar-agar, gula, santan, kelapa muda, vanili, dan telur lalu kocok.
(2) Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat.
(3) Tuanglah ke dalam cetakan.
(4) Masak air sampai mendidih.
(5) Setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok.
Urutan petunjuk membuat puding kelapa muda tersebut yang tepat adalah ....
A. (1), (3), (2), (4), (5)
B. (1), (4), (5), (2), (3)
c. (4), (1), (2), (5), (1)
D. (4), (s), (3), (1), (2)
29. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Kelompok Melati mengadakan pengamatan di Kali Brantas.
(2j Air Kali Brantas sangat jernih. Aliran air Kali Brantas sangat lancar.
(3) Kegiatan dilakukan Minggu, 7 Agustus 2016.
(4) Air Kali Brantas digunakan masyarakat di sekitar Kali Brantas untuk mencuci.
(5) Setiap sore hari banyak anak yang berenang di Kali Brantas.
Susunan kalimat laporan tersebut yang tepat adalah ...
A. (l) - (3) - (2) - (4) - (5)
B. (l) - (2) - (5) - (4) - (3)
c. (5) - (3) - (2) - (1) - (4)
D. (5) - (1) - (3) - (2) - (4)
30. Pehatikan teks berikut!
Batik telah dikenal sejak zaman Majapahit, bahkan bisa lebih lama sebelumnya yaitu masa kerajaan Mataram Kuno [...] Arca para dewa bisa dijumpai di candi Hindu maupun Budha, seperti di Candi Prambanan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A. Arca para dewa zaman dahulu diberi busana batik.
B. Batik sudah banyak digunakan para raja zaman dahulu.
c. Bukti kehadirannya dapat disaksikan pada ukiran arca para dewa
D. Batik digunakan sebagai pakaian kebesaran para bangsawan.
31. Bacalah kutipan cerita berikut!
Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.
Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat
adalah .,.
A. Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah
kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan
menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika kami
menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit
karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur
dengan penghasilannya.
B. Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia
rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung
buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi
penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena
sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan
penghasilannya.
C. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah
kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan dan
menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku
menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit
karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur
dengan penghasilanku.
D. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami
rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung
buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi
penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena
sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan
penghasilan kami.
32. Bacalah teks drama berikut!
Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat
kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.
Banu : Din, aku minta.iawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini : A dan C.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11 dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia
terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek.
Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah ."
A. Kelasku sedang menghadapi ujian Matematika. Aku, Banu, Siti. Dina, dan Adi
sangat kewalahan menjawab soal-soal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada
Dina, "Din... soal nomor 5 dan 6 jawabnya apa?" "Ngga tau" jawab Dina," tanya
Dini sana!"
B. Ketika ujian Matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik
sana, lirik sini. "Din... soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya?" ujar Banu, penuh harap.
"A dan C," jawab Dini sedikit keras. "Ssst... jangan keras-keras dong, ntar Bu
Guru dengar. Mereka asyik contek-contekan, sementara Budi serius dengan
pekerjaanya sendiri.
C. Ujian Matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima
sekawan, Budi, Balu, Dini, Siti, dan Adi pun merasa kewalahan juga. "Din,
jawaban soal nomor 5 dan 6 apa?" tanya Banu memecah keheningan ruang ujian.
"A dan C", jawab Dini, "Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?" tanya
Sita. "Nomor 1O A, 11 D, dan nomor 15 aku belum selesai", jawab Banu. Walaupun
keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks dan mengerjakan sendiri
soalnya tanpa mencontek.
D. Bu Guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya.
Begitu juga dengan Banu, Dini, Siti, Budi, dan Adi. Mereka saling contek,
termasuk juga Budi. "Soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya Din," tanya Budi. "A dan
C, jawab Dini, "Terus soal nomor 10, 11, dan 15 apa jawabnya Sit?" tanya Adi.
"SssSSt.... jangan kcras-keras!" kata Dini," ntar Bu Guru dengar."
33. Bacalah data hasil pengamatan berikut!
Kelompok : Bung Tomo
Objek yang diamati : Gunung Tangkuban Perahu
Waktu pengamatan : Selasa, 11 Juni 2016
Tujuan : mengetahui kondisi Gunung Tangkuban Perahu
Hasilpengamatan :
- berada di sebelah utara Bandung
- tingginya 2.084 m
- bentuknya strato volkano
- suhu berada antara 2oC s.d. 17oC
Teks laporan yang sesuai dengan data tersebut adalah ....
A. Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban
Perahu pada hari Selasa, 11 Juni 2016. Tujuan pengamatan adalah untuk
mengetahui kondisi gunung tersebut. Gunung Tangkuban Perahu berada di
sebelah utara Kota Bandung. Gunung yang tingginya mencapai 2.084 m ini
berbentuk strato volkano. Suhu di sekitarnya mencapai ZoC pada malam hari dan
I 7oC pada siang hari.
B. Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan tentang Gunung Tangkuban
Perahu. Pengamatan dilakukan hari Selasa, 11 Juni 2016. Gunung Tangkuban
Perahu dikelola oleh Perhutani. Setiap hari terutaman pada hari libur, gunung ini
banyak dikunjungi wisatawan. Gunung yang berbentuk strato volkano ini
termasuk gunung berapi yang masih aktif.
C. Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap gunung yang dikelola
Perhutani. Salah satunya adalah Gunung Tangkuban Perahu di daerah utara Kota
Bandung. Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif. Walaupun demikian,
gunung ini selalu banyak dikunjungi wisatawan karena suhu di sekitarnya dingin.
D. Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban
Perahu, Tujuan pengamatan adalah mengetahui cara Perum Perhutani mengelola
gunung ini sebagai objek wisata. Tangkuban Perahu yang berada di kawasan utara
Bandung ini berbentuk strato volkano. Tinggi gunung mencapai 2.084 dan suhu
di sekitar kawasan ini mencapai ZoC pada malam hari.
34. Bacalah kalimat berikut!
Pemerintah Indonesia mencari cara terbaru agar hasil panen meluap dan berkualitas tinggi.
Pilihan kata yang salah pada kalimat tersebut adalah ....
A. mencari
B. terbaru
C. meluap
D. berkualitas
35. Bacalah teks berikut!
(1) Sejak pagi, pengurus OSIS sibuk menyiapkan keperluan untuk acara jalan
sehat. (2) Mereka membawa hadiah dari ruang OSIS. (3) Kupon hadiah untuk para peserta jalan sehat telah mereka siapkan juga. (4) Tepat pukul 07.00 semua peserta telah hadir disekolah.
Kalimat tidak efektif pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
36. Perhatikan kalimat berikut!
Gedung itu direnovasi dengan [ ... ] ratusan tenaga ahli bangunan dari berbagai daerah di Indonesia.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. menyibukkan
B. menampilkan
C. menjadikan
D. melibatkan
37. Perhatikan kalimat berikut!
Ditemani oleh [ ... ] suami, Alien menjelaskan permasalahan yang sebenarnya terjadi.
Kata sandang yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut ....
A. si
B. sang
C. tuan
D. dang
38. Perhatikan teks berikut!
Banjir sudah menjadi agenda tahunan (1) ... masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar (2) ...
menyelesaikan masalah ini.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. (1) untuk, (2) bagi
B, (1) oleh, (2) untuk
C. (1) oleh, (2) bagi
D. (1) bagi, (2) untuk
39. Bacalah teks berikut!
Banyak kejadian di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak karena mendapatkan provokator dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Itulah yang menyebabkan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melakukan klasifikasi dulu kepada pihak lain sehingga tidak gegabah dan emosional.
Pengganti istilah anarkisme dan klasifikasi pada teks tersebut secara berturut-turut adalah ....
A. anarki, klarifikasi
B. anarkis, klarifikasi
C. anarkistis,klarifikasi
D. anarkis, verifikasi
40. Bacalah kalimat berikut!
Irma mengikuti kegiatan pertukaran pelajar antar negara di luar negeri
Perbaikan penulisan gabungan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. pertukaran seharusnya per-tukaran
B. pertukaran pelajar seharusnya pertukaran-pelajar
C. antar negara seharusnya antarnegara
D. luar negeri seharusnya luarnegeri
41. Perhatikan kalimat berikut!
Saat hari lebaran, saya saling bermaaf-maafan dengan saudara.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah ...
A. Saat lebaran, saya saling bermaaf-maafan dengan saudara.
B. Saat hari Lebaran, saya bermaaf-maafan dengan saudara.
C. Saat Lebaran, saya bermaaf-maafan dengan saudara.
D. Saat hari Lebaran, saya saling bermaafan dengan saudara.
42. Bacalah teks berikut!
(1) Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. (2) Usia remaja berada pada kisaran usia l0 tahun sampai dengan 21 tahun. (3) Kenakalan remaja merupakan masalah tanggung jawab semua pihak. (4) Pada usia itu, remaja sedang mencari identitas dirinya.
Perbaikan teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan menghilangkan kalimat nomor....
A. (l)
B. (2)
c. (3)
D. (4)
43. Bacalah kalimat berikut!
Kabarnya, presiden akan mengadakan reshuffle kabinet untuk supaya meningkatkan kinerja pemerintah.
Penggunaan kata hubung dalam kalimat tersebut tidak tepat karena ....
A. kata supaya tidak diperlukan
B. kata untuk bermakna tujuan
C. kata supaya bermakna alasan
D. kata untuk menyatakan asal
44. Bacalah kalimat berikut!
Dalam penyelaman itu menemukan benda-benda kuno di dasar laut.
Kalimat tersebut tidak efektif karena ....
A. memiliki makna ganda
B. tidak memiliki subjek
C. predikatnya kata kerja pasif
D. tidak disertai keterangan tempat
45. Bacalah kalimat berikut!
Peneliti asal Amerika Serikat melakukan studi jangka panjang terhadap pola pendidikan anak genius yang melibatkan 5.000 anak genius dan intelektual tinggi selama 45 tahun.
Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ....
46. Bacalah kalimat berikut!
Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata di Bali, tepatnya di sebelah selatan pulau Dewata.
Kesalahan penulisan huruf pada kalimat tersebut terdapat pada kata ....
A. Kuta
B. Bali
C. selatan
D. Dewata
47. Bacalah teks berikut!
(1) Kegiatan literasi menjadi salah satu program sekolah. (2) Semua sekolah diharapkan dapat melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu kegiatan yang; dilakukan untuk menunjang GLS; adalah 15 menit membaca pada awal jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini, semua siswa diharapkan memiliki minat baca yang tinggi.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor....
A. (1)
B, (2)
c. (3)
D. (4)
48. Bacalah teks berikut!
Salah satu museum yang banyak dikunjungi pelajar adalah museum geologi Bandung. Museum ini didirikan pada zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang giat melaksanakan penyelidikan geologi.
Perbaikan penulisan huruf kapital kata pada teks tersebut adalah....
A. Museum geologi Bandung, Benua Eropa
B. Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
C. museum Geologi Bandung, Benua Eropa
D. museum Geologi Bandung, benua eropa
49. Perhatikan kalimat berikut!
Semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan wajib mengikuti upacara.
Perbaikan penulisan tanda baca koma pada kalimat tersebut yang tepat adalah ,,,
A. Semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan wajib, mengikuti upacara.
B. Semua siswa baik laki-laki, maupun perempuan, wajib mengikuti upacara.
C. Semua siswa, baik laki-laki maupun perempuan, wajib mengikuti upacara.
D. Semua siswa, baik laki-laki, maupun perempuan, wajib mengikuti upacara.
50. Bacalah teks berikut!
Ibu membutuhkan: minyak goreng, tepung terigu, dan pisang untuk membuat pisang goreng kesukaan Dila. Walaupun tiap sore ada penjual pisang goreng yang selaluberjualan di depan rumahnya, Dila tidak tergoda.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada teks tersebut adalah ....
A. tanda baca koma (,) sebelum kata dan tidak diperlukan
B. tanda baca titik (,) tidak diperlukan setelah kata tergoda
C. tanda baca titik dua (:) tidak diperlukan setelah kata membutuhkan
D. tanda baca koma (,) pada kalimat kedua tidak perlu
Komentar
Posting Komentar