Kisi-kisi Soal USBN B.Indonesia SMP/MTs (Kurikulum 2013)
Kisi-kisi soal USBN untuk Kurikulum 2013 berbeda dengan Kisi-kisi soal USBN untuk Kurikulum 2006. Perbedaannya, dalam lingkup materinya, menyunting kata, kalimat, dan paragraf serta menyunting ejaan dan tanda baca diganti dengan Ciri dan struktur teks serta unsur kebahasaan teks.
Teks yang digunakan sesuai dengan materi di Kurikulum 2013, yaitu:
- Untuk Lingkup Materi Membaca Teks Nonsastra meliputi teks Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan,
laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif.
- Untuk Lingkup Materi Membaca Teks Sastra meliputi Cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama.
- Untuk Lingkup Materi Menulis Teks Nonsastra meliputi Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif.
- Untuk Lingkup Materi Menulis Teks Sastra meliputi Cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama.
- Untuk Lingkup Materi Ciri dan Struktur Teks meliputi Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif, cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama.
- Untuk Lingkup Materi Kebahasaan dalam Teks meliputi Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif, cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama.
Soal USBN terdiri atas 25% soal dari pusat dan 75% soal yg dibuat oleh daerah.
Berikut Kisi-kisi Soal USBN B.Indonesia SMP/MTs (Kurikulum 2013) Tahun 2019:
Soal dari pusat (25%):
1. Pernyataan yang sesuai dengan teks eksplanasi 2 PG
2. Ide pokok teks eksposisi 4 PG
3. Persamaan isi kedua teks laporan hasil observasi 7 PG
4. Menilai keunggulan teks fabel 16 PG
5. Melengkapi kata pada teks laporan hasil observasi 18 PG
6. Menyusun urutan kalimat teks prosedur 20 PG
7. Memvariasikan bagian teks prosedur 21 PG
8. Melengkapi teks cerpen dengan majas 25 PG
9. Alasan kesalahan struktur teks laporan hasil observasi 34 PG
10. Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan 40 PG
11. Mengubah teks sastra ke bentuk lain 44 Uraian
Soal dari daerah (75%):
Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat
- menentukan isi tersurat teks nonsastra 1 PG
- menentukan makna kata/istilah pada teks nonsastra 3 PG
- menentukan isi tersurat dalam teks sastra 10 PG
- menentukan makna kata/ ungkapan pada teks sastra 11 PG
- melengkapi kata pada bagian teks nonsastra 17 PG
- melengkapi kata/ungkapan pada bagian teks sastra 23 dan 24 PG
- mengidentifikasi ciri umum berbagai teks (ciri judul, ciri struktur) 29 PG
- mengidentifikasi bagian struktur teks 30 PG
- mengidentifikasi kata dari teks yang dibaca (kata bersinonim, kata baku, kata khusus, kata emotif, kata
berantonim) 35 PG
- mengidentifikasi kalimat pada teks (kalimat definisi, kalimat perincian, kalimat bermajas) 36 PG
Aplikasi
Nomor soal: 5 dan 6 (PG) Peserta didik dapat
- menentukan ide pokok
- menyimpulkan inti bagian teks
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan penulis, sikap penulis, sasaran)
Nomor soal: 12, 13, dan 14 (PG) Peserta didik dapat
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (tema, sebab konflik, akibat konflik, amanat, latar, nilai)
- menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa
- mengurutkan peristiwa sesuai dengan teks sastra yang dibaca
Nomor soal: 19 (PG) Peserta didik dapat
- membuat judul
- melengkapi kalimat pada bagian teks nonsastra
- melengkapi kerangka isi sesuai judul
- melengkapi paragraf pada teks nonsastra
- mengubah kata kunci menjadi kalimat
- mengubah diagram/grafik/tabel menjadi paragraf
- mengurutkan kerangka isi sesuai judul
- mengurutkan kalimat-kalimat menjadi teks nonsastra
Nomor soal: 26 (PG) dan 43 (Uraian) Peserta didik dapat
- membuat judul
- melengkapi kalimat/ majas pada bagian teks sastra
- melengkapi bagian teks sastra
- melengkapi kerangka isi sesuai tema karya sastra
- mengisi judul
- melengkapi kalimat/dialog pada teks sastra
- melengkapi latar yang sesuai dengan konteks
- melengkapi dialog yang sesuai dengan konteks
- melengkapi narasi pengarang
Nomor soal: 31 dan 32 (PG) Peserta didik dapat
- menentukan jenis teks berdasarkan strukturnya
- merinci struktur teks yang dibaca
- menyimpulkan persamaan/perbedaan pola struktur teks
- mengurutkan teks berdasarkan strukturnya
- mengklasifikasi teks berdasarkan ciri umumnya
- memperbaiki struktur teks
Nomor soal: 37 dan 38 (PG), 45 (Uraian) Peserta didik dapat
- mengelompokkan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ejaan
Penalaran
Nomor soal: 8 dan 9 (PG) Peserta didik dapat
- membandingkan isi teks nonsastra
- memetakan isi teks (mengubah teks menjadi peta konsep yang sesuai isi)
- menilai isi teks (ketepatan argumen, menilai keakuratan sumber)
Nomor soal: 15 (PG) 41 (Uraian) Peserta didik dapat
- menunjukkan bukti watak tokoh, latar, nilai dalam teks sastra
- menilai keunggulan/kelemahan karya sastra yang dibaca
- memvariasikan judul teks
- memvariasikan bagian teks
- mengubah teks nonsastra ke bentuk lain
- membuat kerangka isi teks berdasarkan judul
- menulis teks berdasarkan kerangka teks dan judul
Nomor soal: 27 dan 28 (PG) Peserta didik dapat
- memvariasikan sudut pandang, dialog, watak tokoh, akhir cerita
- mengubah teks sastra ke bentuk teks lain
- mengganti kalimat/kata bernilai sastra
Nomor soal: 33 (PG) Peserta didik dapat
- menilai ketepatan bagian-bagian struktur teks sastra/nonsastra
- menunjukkan alasan/bukti kesalahan struktur teks
Nomor soal: 39 (PG) Peserta didik dapat
- memberi alasan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ejaan, dan tanda baca
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ejaan, dan tanda baca
Teks yang digunakan sesuai dengan materi di Kurikulum 2013, yaitu:
- Untuk Lingkup Materi Membaca Teks Nonsastra meliputi teks Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan,
laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif.
- Untuk Lingkup Materi Membaca Teks Sastra meliputi Cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama.
- Untuk Lingkup Materi Menulis Teks Nonsastra meliputi Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif.
- Untuk Lingkup Materi Menulis Teks Sastra meliputi Cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama.
- Untuk Lingkup Materi Ciri dan Struktur Teks meliputi Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif, cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama.
- Untuk Lingkup Materi Kebahasaan dalam Teks meliputi Deskripsi, laporan hasil observasi, prosedur, eksposisi, eksplanasi, ulasan, laporan percobaan, diskusi, biografi, eksemplum, tantangan, surat pribadi dan dinas, berita, iklan, slogan, poster, persuasi, dan cerita inspiratif, cerpen, fabel, puisi rakyat, puisi, dan drama.
Soal USBN terdiri atas 25% soal dari pusat dan 75% soal yg dibuat oleh daerah.
Berikut Kisi-kisi Soal USBN B.Indonesia SMP/MTs (Kurikulum 2013) Tahun 2019:
Soal dari pusat (25%):
1. Pernyataan yang sesuai dengan teks eksplanasi 2 PG
2. Ide pokok teks eksposisi 4 PG
3. Persamaan isi kedua teks laporan hasil observasi 7 PG
4. Menilai keunggulan teks fabel 16 PG
5. Melengkapi kata pada teks laporan hasil observasi 18 PG
6. Menyusun urutan kalimat teks prosedur 20 PG
7. Memvariasikan bagian teks prosedur 21 PG
8. Melengkapi teks cerpen dengan majas 25 PG
9. Alasan kesalahan struktur teks laporan hasil observasi 34 PG
10. Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan 40 PG
11. Mengubah teks sastra ke bentuk lain 44 Uraian
Soal dari daerah (75%):
Pengetahuan dan Pemahaman
Peserta didik dapat
- menentukan isi tersurat teks nonsastra 1 PG
- menentukan makna kata/istilah pada teks nonsastra 3 PG
- menentukan isi tersurat dalam teks sastra 10 PG
- menentukan makna kata/ ungkapan pada teks sastra 11 PG
- melengkapi kata pada bagian teks nonsastra 17 PG
- melengkapi kata/ungkapan pada bagian teks sastra 23 dan 24 PG
- mengidentifikasi ciri umum berbagai teks (ciri judul, ciri struktur) 29 PG
- mengidentifikasi bagian struktur teks 30 PG
- mengidentifikasi kata dari teks yang dibaca (kata bersinonim, kata baku, kata khusus, kata emotif, kata
berantonim) 35 PG
- mengidentifikasi kalimat pada teks (kalimat definisi, kalimat perincian, kalimat bermajas) 36 PG
Aplikasi
Nomor soal: 5 dan 6 (PG) Peserta didik dapat
- menentukan ide pokok
- menyimpulkan inti bagian teks
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan penulis, sikap penulis, sasaran)
Nomor soal: 12, 13, dan 14 (PG) Peserta didik dapat
- menyimpulkan isi tersirat dalam teks sastra (tema, sebab konflik, akibat konflik, amanat, latar, nilai)
- menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa
- mengurutkan peristiwa sesuai dengan teks sastra yang dibaca
Nomor soal: 19 (PG) Peserta didik dapat
- membuat judul
- melengkapi kalimat pada bagian teks nonsastra
- melengkapi kerangka isi sesuai judul
- melengkapi paragraf pada teks nonsastra
- mengubah kata kunci menjadi kalimat
- mengubah diagram/grafik/tabel menjadi paragraf
- mengurutkan kerangka isi sesuai judul
- mengurutkan kalimat-kalimat menjadi teks nonsastra
Nomor soal: 26 (PG) dan 43 (Uraian) Peserta didik dapat
- membuat judul
- melengkapi kalimat/ majas pada bagian teks sastra
- melengkapi bagian teks sastra
- melengkapi kerangka isi sesuai tema karya sastra
- mengisi judul
- melengkapi kalimat/dialog pada teks sastra
- melengkapi latar yang sesuai dengan konteks
- melengkapi dialog yang sesuai dengan konteks
- melengkapi narasi pengarang
Nomor soal: 31 dan 32 (PG) Peserta didik dapat
- menentukan jenis teks berdasarkan strukturnya
- merinci struktur teks yang dibaca
- menyimpulkan persamaan/perbedaan pola struktur teks
- mengurutkan teks berdasarkan strukturnya
- mengklasifikasi teks berdasarkan ciri umumnya
- memperbaiki struktur teks
Nomor soal: 37 dan 38 (PG), 45 (Uraian) Peserta didik dapat
- mengelompokkan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ejaan
Penalaran
Nomor soal: 8 dan 9 (PG) Peserta didik dapat
- membandingkan isi teks nonsastra
- memetakan isi teks (mengubah teks menjadi peta konsep yang sesuai isi)
- menilai isi teks (ketepatan argumen, menilai keakuratan sumber)
Nomor soal: 15 (PG) 41 (Uraian) Peserta didik dapat
- menunjukkan bukti watak tokoh, latar, nilai dalam teks sastra
- menilai keunggulan/kelemahan karya sastra yang dibaca
Baca juga:Nomor soal: 22 (PG), 42 (Uraian) Peserta didik dapat
Kisi-kisi Soal USBN IPS
Kisi-kisi Soal USBN IPA
Kisi-kisi Soal USBN B.Indonesia
- memvariasikan judul teks
- memvariasikan bagian teks
- mengubah teks nonsastra ke bentuk lain
- membuat kerangka isi teks berdasarkan judul
- menulis teks berdasarkan kerangka teks dan judul
Nomor soal: 27 dan 28 (PG) Peserta didik dapat
- memvariasikan sudut pandang, dialog, watak tokoh, akhir cerita
- mengubah teks sastra ke bentuk teks lain
- mengganti kalimat/kata bernilai sastra
Nomor soal: 33 (PG) Peserta didik dapat
- menilai ketepatan bagian-bagian struktur teks sastra/nonsastra
- menunjukkan alasan/bukti kesalahan struktur teks
Nomor soal: 39 (PG) Peserta didik dapat
- memberi alasan kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ejaan, dan tanda baca
- memperbaiki kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ejaan, dan tanda baca
Komentar
Posting Komentar