Kisi-kisi Soal USBN Mata Pelajaran IPA

Berikut kisi-kisi soal USBN mata pelajaran IPA:
  1. Disajikan gambar susunan molekul zat padat, cair dan gas. Peserta didik dapat memahami tentang konsep zat dan wujudnya
  2. Disajikan gambar perubahan kimia. Peserta didik dapat memahami tentang sifat dan perubahan zat
  3. Disajikan gambar percobaan larutan asam basa. Peserta didik dapat menunjukkankan hasil percobaan tentang sifat larutan
  4. Peserta didik dapat mengidentifikasi tentang unsur, senyawa ataupun campuran
  5. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang partikel zat
  6. Disajikan gambar alarm listrik. Peserta didik dapat menerapkan konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
  7. Disajikan gambar pemisahan campuran. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pemisahan campuran
  8. Peserta didik dapat menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
  9. Peserta didik dapat menentukan besarnya usaha pada benda
  10. Peserta didik mampu memprediksi keuntungan mekanis tuas dalam kehidupan sehari-hari
  11. Peserta didik dapat menganalisis tentang tekanan pada zat padat melalui gambar
  12. Peserta didik dapat menyimpulkan tentang penyebab terjadinya gempa bumi
  13. Peserta didik dapat memecahkan masalah untuk bertindak mengurangi dampak bencana alam
  14. Peserta didik dapat memahami tentang sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan.
  15. Peserta didik dapat menghitung keseimbangan dalam pesawat sederhana tentang konsep tuas
  16. Disajikan gambar tentang gelombang, Peserta didik dapat menghitung cepat rambat gelombang
  17. Disajikan gambar tentang magnet, Peserta didik dapat menentukan sifat kutub magnet yang benar
  18. Disajikan gambar tentang rangkaian listrik, Peserta didik dapat menghitung besar daya tiap listrik dalam rangkaian
  19. Peserta didik dapat menghitung biaya penggunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
  20. Peserta didik dapat Mengelompokan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
  21. Peserta didik dapat menjelaskan konsep lingkungan dan komponen komponennya.
  22. Peserta didik dapat menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan makhluk hidup
  23. Peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang terjadi akibat pencemaran lingkungan
  24. Peserta didik dapat menyelidiki pengaruh air jernih dan tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan
  25. Peserta didik dapat mengidentifikasi keuntungan-keuntungan bioteknologi dalam kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
  26. Peserta didik dapat memahami akibat dari rusaknya suatu ekosistem
  27. Peserta didik dapat mengurutkan urutan sistem peredaran darah
  28. Peserta didik dapat menentukan suatu peristiwa dalam mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut
  29. Peserta didik dapat memahami tentang tahap-tahap dalam proses pembentukan urine
  30. Disajikan gambar irisan melintang pada batang yang dilihat melalui mikroskop. Peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan yang diamati
  31. Peserta didik dapat memahami tentang kelainan pada sistem pencernaan serta cara mengatasinya
  32. Peserta didik dapat menentukan organ pernapasan beserta fungsinya
  33. Peserta didik dapat menentukan sistem perkembangbiakkan yang terjadi pada tumbuhan
  34. Peserta didik dapat menentukan hasil dari pemuliaan makhluk hidup
  35. Peserta didik dapat memahami teknologi pembudidayaan tumbuhan dalam kehidupan
  36. Disajikan gambar pengukuran dan tabel massa jenis berbagai zat. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pengukuran
  37. Peserta didik dapat memberikan contoh macam-macam perubahan energi listrik.
  38. Peserta didik dapat menganalisis gangguan pada mata
  39. Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
  40. Peserta didik dapat menjelaskan organ reproduksi serta fungsinya
Baca juga:
Kisi-kisi Soal USBN IPS
Kisi-kisi Soal USBN IPA
Kisi-kisi Soal USBN B.Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?