Kisi-kisi Soal USBN Mata Pelajaran IPA
Berikut kisi-kisi soal USBN mata pelajaran IPA:
- Disajikan gambar susunan molekul zat padat, cair dan gas. Peserta didik dapat memahami tentang konsep zat dan wujudnya
- Disajikan gambar perubahan kimia. Peserta didik dapat memahami tentang sifat dan perubahan zat
- Disajikan gambar percobaan larutan asam basa. Peserta didik dapat menunjukkankan hasil percobaan tentang sifat larutan
- Peserta didik dapat mengidentifikasi tentang unsur, senyawa ataupun campuran
- Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang partikel zat
- Disajikan gambar alarm listrik. Peserta didik dapat menerapkan konsep pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
- Disajikan gambar pemisahan campuran. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pemisahan campuran
- Peserta didik dapat menyimpulkan hubungan antara gaya dan massa dengan percepatan benda bergerak
- Peserta didik dapat menentukan besarnya usaha pada benda
- Peserta didik mampu memprediksi keuntungan mekanis tuas dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik dapat menganalisis tentang tekanan pada zat padat melalui gambar
- Peserta didik dapat menyimpulkan tentang penyebab terjadinya gempa bumi
- Peserta didik dapat memecahkan masalah untuk bertindak mengurangi dampak bencana alam
- Peserta didik dapat memahami tentang sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan.
- Peserta didik dapat menghitung keseimbangan dalam pesawat sederhana tentang konsep tuas
- Disajikan gambar tentang gelombang, Peserta didik dapat menghitung cepat rambat gelombang
- Disajikan gambar tentang magnet, Peserta didik dapat menentukan sifat kutub magnet yang benar
- Disajikan gambar tentang rangkaian listrik, Peserta didik dapat menghitung besar daya tiap listrik dalam rangkaian
- Peserta didik dapat menghitung biaya penggunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik dapat Mengelompokan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
- Peserta didik dapat menjelaskan konsep lingkungan dan komponen komponennya.
- Peserta didik dapat menjelaskan konsep bentuk saling ketergantungan makhluk hidup
- Peserta didik dapat menjelaskan hal-hal yang terjadi akibat pencemaran lingkungan
- Peserta didik dapat menyelidiki pengaruh air jernih dan tercemar terhadap kondisi (pergerakan) ikan
- Peserta didik dapat mengidentifikasi keuntungan-keuntungan bioteknologi dalam kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
- Peserta didik dapat memahami akibat dari rusaknya suatu ekosistem
- Peserta didik dapat mengurutkan urutan sistem peredaran darah
- Peserta didik dapat menentukan suatu peristiwa dalam mekanisme pernapasan dada dan pernapasan perut
- Peserta didik dapat memahami tentang tahap-tahap dalam proses pembentukan urine
- Disajikan gambar irisan melintang pada batang yang dilihat melalui mikroskop. Peserta didik dapat menentukan jenis tumbuhan yang diamati
- Peserta didik dapat memahami tentang kelainan pada sistem pencernaan serta cara mengatasinya
- Peserta didik dapat menentukan organ pernapasan beserta fungsinya
- Peserta didik dapat menentukan sistem perkembangbiakkan yang terjadi pada tumbuhan
- Peserta didik dapat menentukan hasil dari pemuliaan makhluk hidup
- Peserta didik dapat memahami teknologi pembudidayaan tumbuhan dalam kehidupan
- Disajikan gambar pengukuran dan tabel massa jenis berbagai zat. Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang pengukuran
- Peserta didik dapat memberikan contoh macam-macam perubahan energi listrik.
- Peserta didik dapat menganalisis gangguan pada mata
- Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
- Peserta didik dapat menjelaskan organ reproduksi serta fungsinya
Baca juga:
Kisi-kisi Soal USBN IPS
Kisi-kisi Soal USBN IPA
Kisi-kisi Soal USBN B.Indonesia
Komentar
Posting Komentar