Kisi-kisi Soal USBN Mata Pelajaran IPS
Berikut kisi-kisi soal USBN mata pelajaran IPS
- Siswa diberikan diskripsi dari epirogenasa kemudian menentukan gerakan itu termasuk dalam gerakan apa.
- Siswa diminta menentukan dampak banyaknya bentang alam gunung dan pegunungan.
- Siswa menetukan dimana lapisan ozon berada di lapisan apa?
- Siswa disajikan macam-macam jenis peta dan menentukan jenis peta bedasarkan isi
- Siswa diminta menentukan benua yang seluruh wilayahnya di bagian selatan
- Siswa disajikan sketsa jalan, mereka diminta menetukan jalan terdekat ke istana
- Siswa disajikan definisi negara berkembang, kemudian siswa diminta menetukannya
- Siswa diminta menentukan cirri-ciri negara berkembang,
- Siswa diminta menentukan definisi
- Siswa minta menentukan yang bukan termasuk factor yang mendorong interaksi sosial
- Siswa diminta mengidentifikasi bentuk dari ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
- Siswa diminta menentukan kategori pelaku penyimpangan sosial
- Siswa disajikan diskripsi dari perilaku yang mengikuti gaya barat, kemudian diminta menentukan itu termasuk keladam sikap dari istilah apa
- Siswa diminta menyebutkan factor yang mempengaruhi dinamika penduduk di suatu wilayah.
- Siswa disajikan contoh penyimpangan sosial, kemudian diminta mengindentifikasi dampak dari pemyimpangan penyimpangan tersebut
- Siswa disajikan diskripsi permasalahan yang terjadi karena ketidak seimbangan lingkungan, kemudian siswa mengidentifikasi uapay penanggulangan sesuai pembangunan berkelanjuta
- Siswa diminta memprediksikan akibat penggunaan pupuk dan pestisidan pada lingkungan
- Siswa disajikan contoh memberlakuan tata tertib dari dua lembaga, kemudian menganalisis perbedaan manfaat dari kedua lembaga tersebut.
- Siswa disajikan diskripsi kehidupan masa pra aksara, kemudian mereka diminta menentukan termasuk kehidupan dimasa apa.
- Siswa diminta menyebutkan perlengkapan manusia purba termasuk istilah apa
- Siswa diminta mengidentifikasi kebijakkan Raffes untuk menghapus feodalisme di Indonesia
- Siswa diminta menyebutkan pemilu pertama tanggal 29 september 1955 untuk memilih siapa
- Kehidupan politik setelah proklamasi kemerdekaan
- Siswa diminta mengidentifikasi paengaruh positif dalam kebijakan tanam paksa masa penjajahan Belanda
- Siswa diminta menentukan alasan kemerosotan dibidang ekonomi pada masa pendudukan Jepang
- Kehidupan Ekonomi pasca proklamasi kemerdekaan
- Kehidupan Politik pasca proklamasi kemerdekaan
- Siswa diminta menyebutkan hasil sidang tanggal18 Agustus 1945 setelah kemedekaan
- Siswa disajikan latarbelakang pemberontakan PRRI, kemudian siswa diminta mengidentifikasi upaya pemerintah dalam menumpas gerakan tersebut.
- Siswa disajikan contoh-contoh tindakan ekonomi, siswa diminta menunjukkan motif ekonomi yang tidak berorientasi pada uang/materi
- Siswa disajikan contoh kegiatan ekonomi, kemudian siswa diminta menunjukkan yang mana termasuk kegiatan produksi.
- Siswa disajikan permasslahan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhannya, kemudian siswa diminta mengidentifikasi upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
- Disajikan pernyataan, siswa dapat menerapkan salah satu fungsi pasar distribusi
- Siswa dapat menentukan lembaga keuangan dengan lembaga keuangan bukan bank dengan diberi gambaran tertentu
- Siswa dapat membedakan perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional dengan diberi peryataan tertentu
- Siswa diminta mengidentifikasi alasan koperasi sebagai badan usaha
- Siswa diminta menganalisis membedakan lembaga keuangan bank dan koperasi.
- Siswa disajikan table permintaan beras, kemudian siswa diminta menganalisis pengaruh harga pada permintaan beras.
- Siswa diberikan study kasus terkait tindakan ekonomi, kemudian siswa diminta menganalisis tindakan ekonomi tersebut termasuk dorongan /motif ekonomi apa.
- Siswa diminta menyebutkan dampak positif dari perdagangan internasional.
Baca juga:
Kisi-kisi Soal USBN IPS
Kisi-kisi Soal USBN IPA
Kisi-kisi Soal USBN B.Indonesia
Komentar
Posting Komentar