Kisi-kisi Soal USBN Mata Pelajaran IPS

Berikut kisi-kisi soal USBN mata pelajaran IPS
  1. Siswa diberikan diskripsi dari epirogenasa kemudian menentukan gerakan itu termasuk dalam gerakan apa.
  2. Siswa diminta menentukan dampak banyaknya bentang alam gunung dan pegunungan.
  3. Siswa menetukan dimana lapisan ozon berada di lapisan apa?

  4. Siswa disajikan macam-macam jenis peta dan menentukan jenis peta bedasarkan isi
  5. Siswa diminta menentukan benua yang seluruh wilayahnya di bagian selatan
  6. Siswa disajikan sketsa jalan, mereka diminta menetukan jalan terdekat ke istana
  7. Siswa disajikan definisi negara berkembang, kemudian siswa diminta menetukannya
  8. Siswa diminta menentukan cirri-ciri negara berkembang,
  9. Siswa diminta menentukan definisi
  10. Siswa minta menentukan yang bukan termasuk factor yang mendorong interaksi sosial
  11. Siswa diminta mengidentifikasi bentuk dari ciri-ciri pembangunan berkelanjutan
  12. Siswa diminta menentukan kategori pelaku penyimpangan sosial
  13. Siswa disajikan diskripsi dari perilaku yang mengikuti gaya barat, kemudian diminta menentukan itu termasuk keladam sikap dari istilah apa
  14. Siswa diminta menyebutkan factor yang mempengaruhi dinamika penduduk di suatu wilayah.
  15. Siswa disajikan contoh penyimpangan sosial, kemudian diminta mengindentifikasi dampak dari pemyimpangan penyimpangan tersebut
  16. Siswa disajikan diskripsi permasalahan yang terjadi karena ketidak seimbangan lingkungan, kemudian siswa mengidentifikasi uapay penanggulangan sesuai pembangunan berkelanjuta
  17. Siswa diminta memprediksikan akibat penggunaan pupuk dan pestisidan pada lingkungan
  18. Siswa disajikan contoh memberlakuan tata tertib dari dua lembaga, kemudian menganalisis perbedaan manfaat dari kedua lembaga tersebut.
  19. Siswa disajikan diskripsi kehidupan masa pra aksara, kemudian mereka diminta menentukan termasuk kehidupan dimasa apa.
  20. Siswa diminta menyebutkan perlengkapan manusia purba termasuk istilah apa
  21. Siswa diminta mengidentifikasi kebijakkan Raffes untuk menghapus feodalisme di Indonesia
  22. Siswa diminta menyebutkan pemilu pertama tanggal 29 september 1955 untuk memilih siapa
  23. Kehidupan politik setelah proklamasi kemerdekaan
  24. Siswa diminta mengidentifikasi paengaruh positif dalam kebijakan tanam paksa masa penjajahan Belanda
  25. Siswa diminta menentukan alasan kemerosotan dibidang ekonomi pada masa pendudukan Jepang
  26. Kehidupan Ekonomi pasca proklamasi kemerdekaan
  27. Kehidupan Politik pasca proklamasi kemerdekaan
  28. Siswa diminta menyebutkan hasil sidang tanggal18 Agustus 1945 setelah kemedekaan
  29. Siswa disajikan latarbelakang pemberontakan PRRI, kemudian siswa diminta mengidentifikasi upaya pemerintah dalam menumpas gerakan tersebut.
  30. Siswa disajikan contoh-contoh tindakan ekonomi, siswa diminta menunjukkan motif ekonomi yang tidak berorientasi pada uang/materi
  31. Siswa disajikan contoh kegiatan ekonomi, kemudian siswa diminta menunjukkan yang mana termasuk kegiatan produksi.
  32. Siswa disajikan permasslahan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhannya, kemudian siswa diminta mengidentifikasi upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
  33. Disajikan pernyataan, siswa dapat menerapkan salah satu fungsi pasar distribusi
  34. Siswa dapat menentukan lembaga keuangan dengan lembaga keuangan bukan bank dengan diberi gambaran tertentu
  35. Siswa dapat membedakan perdagangan dalam negeri dan perdagangan internasional dengan diberi peryataan tertentu
  36. Siswa diminta mengidentifikasi alasan koperasi sebagai badan usaha
  37. Siswa diminta menganalisis membedakan lembaga keuangan bank dan koperasi.
  38. Siswa disajikan table permintaan beras, kemudian siswa diminta menganalisis pengaruh harga pada permintaan beras.
  39. Siswa diberikan study kasus terkait tindakan ekonomi, kemudian siswa diminta menganalisis tindakan ekonomi tersebut termasuk dorongan /motif ekonomi apa.
  40. Siswa diminta menyebutkan dampak positif dari perdagangan internasional.
Baca juga:
Kisi-kisi Soal USBN IPS
Kisi-kisi Soal USBN IPA
Kisi-kisi Soal USBN B.Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?