Contoh Indikator untuk Penilaian Sikap (Kurikulum 2013 Hasil Revisi)

Contoh Indikator untuk Penilaian Sikap-- Di Kurikulum 2013, penilaian terhadap siswa tidak hanya pada aspek Pengetahuan (Kognitif) dan Keterampilan (Psikomotor) saja, namun juga penilaian pada aspek Apektif (Sikap). Nah, untuk menilai Sikap, digunakan teknik penilaian melalui observasi sebagai sumber utama (penilaian diri dan penilaian antarteman hanya sebagai penunjang). Pelaporan penilaian sikap merupakan tanggung jawab guru mapel Agama-Budi Pekerti dan mapel PPKn.
Jadi, penilaian sikap ini, khusus buat mapel Agama-Budi Pekerti dan mapel PPKn.

Untuk dapat membuat penilaian sikap tersebut harus berdasarkan indikator yang diturunkan dari KD yang bersumber pada KI. Untuk indikator sikap spiritual diturunkan dari KD/ KI 1, sedangkan indikator sikap sosial diturunkan dari KD/ KI 2.
Dalam penyusunan RPP, guru bisa memilih sikap sosial apa yang akan dinilai, jadi tak perlu semuanya.
Buat para peserta didik yang membaca artikel ini, tentu kalian bisa belajar, aktivitas tawuran jelas bertentangan dengan sikap spiritual maupun sosial ini. Untuk nilai sikap, tidak boleh di bawah B. Jika sampai C, pasti tidak naik kelas (walau nilai Pengetahuan dan Keterampilanmu seluruhnya di atas KKM).

Berikut contoh indikator yang dapat dipilih/ digunakan:

Sikap Spiritual (Relegius):
-Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
-Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
-Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/ presentasi
-Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
-Mengungkapkan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

Sikap Sosial:
a. Jujur
-Tidak mencontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
-Tidak melakukan plagiat (mengambil/ menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan tugas
-Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
-Melaporkan data atau informasi apa adanya
-Mengakui kesalahan atau kekurangan g dimiliki

b. Disiplin
-Masuk kelas tepat waktu
-Mengumpulkan tugas tepat waktu
-Memakai seragam sesuai tata tertib
-Mengerjakan tugas yang diberikan
-Tertib dalam mengikuti pembelajaran
-Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan
-Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
-Membawa buku teks mata pelajaran

c. Tanggung jawab
-Melaksanakan tugas individu dengan baik
-Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan
-Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
-Mengembalikan barang yang dipinjam
-Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan

d. Toleransi
-Menghormati pendapat teman
-Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
-Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
-Menerima kekurangan orang lain
-Memaafkan kesalahan orang lain

e. Gotong-royong
-Aktif dalam kerja kelompok
-Suka menolong teman atau orang lain
-Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
-Rela berkorban untuk orang lain

f. Santun
-Menghormati orang yang lebih tua
-Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
-Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat
-Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman
-Bersikap 3S (Salam senyum, sapa) saat bertemu orang lain

g. Percaya diri
-Berani presentasi di depan kelas
-Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
-Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
-Mampu membuat keputusan dengan cepat
-Tidak mudah putus asa/ pantang menyerah

Silakan unduh rubrik instrumen penilaiannya (khusus guru Agama-Budi Pekerti dan mapel PPKn):
- Observasi
- Antarpeserta didik
- Penilaian diri
- Jurnal

Sumber: Bahan pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?