Contoh Soal Ujian Sekolah Mapel PKn (Pendidikan Kewarganegaraan)
1. Dalam kehidupan sehari-hari manusia, norma berperan sebagai...
a. panduan berfikir
b. pengatur tingkah laku
c. keyakinan pribadi
d. pandangan hidup
2.Perilaku untuk hormat kepada orang yang lebih tua merupakan pelaksanaan dari norma ...
a. kesopanan
b. agama
c. kesusilaan
d. hukum
3.Norma dalam kehidupan manusia yang memiliki sanksi
yang tegas adalah norma ...
a. Agama
b. Kesusilaan
c. Hukum
d. Kesopanan
4.Pentingnya menaati hukum yang berlaku dalam masyarakat adalah ...
a. terwujudnya manusia yang hakiki
b.terciptanya ketertiban dan ketentraman
c.terbinanya kebiasaan hidup masyarakat
d.terjaminnya kehidupan ekonomi masyarakat yang lebih baik
5.Yang merupakan faktor pendorong rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan adalah ...
a. Perasaan senasib sepenanggungan akibat belenggu penjajah
b. Pengaruh nilai-nilai adat istiadat
c. Adanya bantuan dan motivasi dari negara lain yang sudah merdeka
d. Kekecewaan terhadap pemerintah Belanda
6.Setelah mencapai kemerdekaan, maka kewajiban kita adalah ...
a. Mensyukuri dengan mengadakan pesta yang meriah
b. Mempertahankan dan mengisinya dengan hal-hal yang positif
c. Berziarah ke makam-makam pahlawan
d. Bekerja tiada henti untuk mengejar ketertinggalam
7. Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai Konstitusi
adalah ...
a. Menjunjung tinggi hukum yang berlaku
b. Berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c. Mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan
d. melaksanakan peraturan yang hanya menguntungkan
8. Contoh hak asasi yang diberikan kepada warga negara Indonesia di bidang politik adalah...
a. memperoleh jaminan kesehatan
b. mendapatkan perlindungan hukum
c. kebebasan berpendapat
d. kebebasan untuk memilih wakil rakyat dalam pemilu
9.Salah satu tujuan dibentuknya KOMNAS HAM adalah...
a. meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM
b. membantu polisi menangkap pelanggar HAM
c. mengadakan pemantauan tentang hak asasi manusia
d. mengadakan perdamaian kepada pihak-pihak yang berselisih
10.Contoh pelanggaran HAM yang dilakukan oleh negara adalah ...
a. pemerintah membuat kebijakan yang ditolak masyarakat
b. kebijakan yang dibuat pemerintah sesuai dengan peraturan
c. pemindahan penduduk secara paksa tanpa ada ganti rugi yang memadai
d. pemerintah membuatkebijakan yang menguntungkan negara
11.Jika kamu melihat seseorang melakukan kekerasan kepada orang lain, tindakan yang sebaiknya kamu lakukan adalah ...
a. menjauh dari tempat kejadian agar tidak terlibat di dalamnya
b. memberikan pukulan kepada orang yang sudah melakukan kekerasan
c. melihat peristiwa tersebut hingga datangnya pihak yang berwajib
d. melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak yang berwenang
12. Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan secara demonstratif di muka umum disebut ...
a. unjuk rasa
b. mimbar bebas
c. Rapat umum
d. pawai
13.Salah satu dampak positif kemerdekaan mengemukakan pendapat adalah ...
a.menyiapkan para demonstran yang pandai berunjuk rasa
b. membiasakan masyarakat berpikir kritis
c. membiasakan Polri siap menghadapi kerusuhan
d. memenuhi tuntutan internasional
14.Kebebasan mengeluarkan pendapat dapat dilaksanakan di lingkungan keluarga, misalnya ...
a. mogok makan karena tidak dibelikan handphone terbaru dari orang tua
b. kepala keluarga menentukan kebijaksanaan di rumah tangga tanpa anggota lain memberikan pendapatnya
c. berembug dengan orang tua untuk menentukan sekolah yang akan dimasuki setelah lulus SMP
d. seorang ibu harus di rumah mengurus suami dan anak
15.memberikan saran dan usul yang bermanfaat bila diadakan musyawarah yang diadakan karang taruna merupakan contoh pelaksanaan sikap membiasakan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab di lingkungan ...
a. keluarga
b. sekolah
c. Masyarakat
d. bangsa dan negara
16. Memecahkan suatu masalah melalui musyawarah adalah pengamalan nilai Pancasila khususnya sila....
a. pertama
b. kedua
c. Ketiga
d. Keempat
17. Partisipasi warga negara dalam mengikuti pemiluKepala Daerahmerupakan contoh dari penerapan sikap positif dalam kehidupan ……………..
a. hankam
b. budaya
c. Politik
d. Ekonomi
18. Konstitusi yang berlaku di Indonesia pada awal kemerdekaan adalah....
a. UUD 1945
b. UUDS 1950
c. UUD RIS
d. UUD 1945 yang diamandemen
19. Penyimpangan yang terjadi masa orde lama
adalah….
a. kepemimpinan terpusat
b. marak korupsi
c. diangkatnya soekarno menjadi presiden seumur hidup
d. pembangunan makin maju
20.. Berdasarkan teori trias politikalembaga yang membuat undang-undang disebut lembaga ….
a. eksekutif
b. legislatif
c. yudikatif
d. Federatif
21. dibawah ini yang bukantermasuk lembaga yang memberantas tindakan korupsi di Indonesia adalah....
a. komnas HAM
b. Kepolisian
c. Badan Pemeriksa Keuangan
d. KPK
22. Istilah demokrasi berasal dari kata demos dan kratos yang berarti ….
a. pemerintahan negara
b. kekuasaan negara
c. pemerintahan rakyat
d. lembaga negara
23. Perwujudan demokrasi Pancasila di sekolah antara lain ………………..
a. mengerjakan ulangan harian
b. ceramah ilmiah
c. diskusi kelompok belajar
d. corat-coret di lingkungan sekolah
24. Menurut teori kedaulatan rakyat kekuasaan negara bersumber dari....
a. negara
b. hukum
c. Tuhan
d. Rakyat
25. Dibawah ini yang bukan merupakan partisipasi politik warga negara adalah………………….
a. memilih presiden
b. memilih wakil rakyat
c. menjadi anggota partai politik
d. menjadi pegawai negeri
26. Negara adalah organisasi kemasyarakatan yang meliputi….
a. Rakyat
b. Rakyat, wilayah
c. Rakyat, wilayah, pemerintah
d. Rakyat, wilayah, pemerintah dan hukum
27. Sedangkan yang termasuk dalam unsur deklaratif berdirinya suatu negara adalah….
a. Rakyat dan wilayah
b. Rakyat, wilayah dan pemerintah yang berdaulat
c. pemerintah yang berdaulat saja
d. pengakuan dari negara lain
28. Salah satu fungsi negara adalah fungsi pertahanan, yaitu….
a. Untuk mencegah berbagai bentrokan dan perselisihan dalam masyarakat
b. Menjaga kedaulatan negara dari serangan baik yag datang dari luar maupun dari dalam negri
c. Mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyatnya
d. Mewujudkan rasa keadilan dalam kehidupan rakyatnya
29. Menurut pasal 27 ayat 3 UUD 1945 membela negara adalah merupakan….
a. Hak warga negara
b. hak dan kewajiban warga negara
c. Kewajiban warga negara
d. hak dan kewajiban pemerintah
30. Salah satu bentuk upaya bela negara di lingkungan sekolah adalah….
a. Mengikuti pelatihan dasar militer
b. Menjadi anggota TNI Polri
c. Mengikuti pendidikan kewarganegaraan
d. Melaksanakan kebersihan lingkungan
31. Perilaku siswa yang menunjukkan upaya membela Negara adalah….
a. Mengikuti kegiatan karang taruna
b. Mengenakan seragam sekolah
c. Belajar dengan giat
d. Mengikuti partai politik
32. Upaya pembelaan Negara dapat diwujudkan oleh setiap warga negara dengan ….
a. Mengikuti upacara bendera hari kemerdekaan
b. Mewujudkan kesenjangan sosial dalam masyarakat
c. Masa bodoh dan acuh tak acuh terhadap orang lain
d. Menyerahkan sepenuhnya tanggungjawab kepada TNI
33. Peran masyarakat dalam rangka bela Negara di lingkungan tempat tinggal adalah ….
a. Wajib militer
b. Pertahanan Sipil (HANSIP)
c. Ikut ke medan pertempuran
d. Ikut partai politik
34. Hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom yang mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat merupakan pengertian dari ….
a. Kewenangan daerah
b. otonomi daerah
c. daerah otonom
d. tugas pembantuan
35. Istilah ‘otonomi’ berasal dari kata ’aotos’ dan ‘nomos’ yang berarti ….
a. Mengatur sendiri
b. Mengatur kelompok
c. Mengatur orang
d. Mengatur peribadi
36. Berikut ini adalah asas-asas pelaksanaan otonomi daerah, kecuali….
a. Desentralisasi
b. Sentralisasi
c. Dekonsentrasi
d. Tugas pembantuan
37. Undang-undang yang mengatur tentang otonomi daerah adalah….
a. UU No. 32 tahun 2006
b. UU No. 32 tahun 2005
c. UU No. 33 tahun 2004
d. UU No. 32 tahun 2004
38. partisipasi masyarakat dalam pembuatan kebijakan publik dapat berupa….
a. Usul dan saran
b. Protes
c. Demontrasi
d. Melaksanakan kewajiban
39. Konsekuensi jika masyarakat tidak aktif dalam perumusan kebijakan publik adalah….
a. Kebijakan publik yang dirumuskan tidak sesuai dengan keinginan masyarakat
b. Kebijakan publik yang dirumuskan mungkin sesuai dengan keinginan masyarakat
c. Kebijakan publik yang dilaksanakan hanya yang sesuai keinginannya
d. Kebijakan publik dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar
40. Salah satu manfaat apabila masyarakat terlibat dalam proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan public adalah akan terbentuknya suatu masyarakat yang madani, yaitu….
a. Masyarakat yang terdiri berbagai kelompok masyakat yang berbeda dan dapat hidup bersama secara damai
b. Masyarakat yang hanya terdiri dari satu agama mayoritas saja
c. Masyarakat yang modern
d. Masyarakat yang dapat menggabungkan budaya asing dengan budaya lokal
41. Globalisasi adalah suatu proses tatanan kehidupan
masyarakat yang mendunia dan dalam pelaksana-
annya...
a. tidak dapat dibatasi oleh siapapun
b. kurang dapat dikontrol kemana arahnya
c. tidak mengenal batas wilayah
d. mengarah pada satu titik tertentu
42. Di bawah ini adalah pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia, kecuali....
a. ketergantungan kita sebagai bangsa dengan bangsa lainnya
b. globalisasi bisa menjadi sarana menguasai bangsa lain
c. kita sebagai bangsa harus berinteraksi dan berkompetisi dengan bangsa lain untuk kemajuan
d. kita sebagai bangsa agar mampu menghadapi perubahan yang cepat akibat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi
43. Politik luar negri bebas aktip mengandung pengertian bebas tidak terikat pada salah satu blok negara- negara dunia manapun serta aktip untuk....
a. mencari dukungan dari negara lain
b. bersaing dengan negara negara maju
c. melaksanakan pembangunan nasional
d. ikut dalam menjaga dan memelihara perdamaian dunia
44. Perhatikan pernyataan berikut
1. berkembangnya nilai konsumerisme dan individualisme masyarakat
2. meningkatnya efesiensi dan efektifitas kerja manusia
3. adanya eksploitasi sumber daya alam yang memuncak karena kebutuhan yang makin besar
4. mudahnya manusia saling berkomunikasi
Yang termasuk dampak positip globalisasi adalah....
a. 1 dan 3
b. 1, 2 dan 3
c. 2 dan 4
d. 1 , 2 dan 4
45. Sikap yang harus kita ambil dalam menghadapi dampak globalisasi adalah....
a. menerima semua pengaruh globalisasi
b. menutup diri terhadap pengaruh globalisasi
c. bersikap selektip terhadap pengaruh globalisasi
d. hanya menerima pengaruh globalisasi yang disukai
46. Salah satu dampak globalisasi di bidang ekonomi adalah adanya pasar bebas atau perdagangan bebas, hal yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi hal tersebut adalah....
a. meningkatkan mutu dan kualitas produk dalam negri
b. memperbesar modal usaha dengan pinjaman luar negri
c. menjalankan sistem ekonomi mandiri tanpa bekerjasama engan negara lain
d. kerjasama dengan negara maju
47. Pentingnya prestasi diri bagi bangsa dan negara adalah sebagai berikut, kecuali....
a. membawa nama harum bangsa dan negara
b. membantu tercapainya tujuan negara
c. meningkatkan perekonomian negara
d. dapat menekan dan mempengaruhi negara lain
48.di bawah ini adalah contoh anak yang memiliki pontensi kecerdasan linguistik atau berbahasa ....
a. Iwan senang dan bisa memperbaiki alat alat elektronik yang rusak
b. Wati senang membantu ibu memasak di dapur
c. Budi mempu memimpin jalannya diskusi dengan baik
d. Anton bisa melukis pemandangan dengan indah
49. Upaya untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang unggul harus dimulai dari lingkungan keluarga, antara lain melalui pendidikan dan . . . .
a. pelajaran keterampilan
b. pembiasaan kerja walaupun sederhana
c. keseimbangan hak dan kewajiban
d. pelajaran tambahan
50. Supaya kita memiliki prestasi yang baik, maka sejak dini harus ....
a. Membiasakan kerja dengan petunjuk orang lain
b. Membuat rencana kerja secara sistematis dan proporsional
c. Melatih diri secara kontinyu dan berkesinambungan
d. Mengikuti segala kegiatan perlombaan
Komentar
Posting Komentar