Kisi-kisi Soal UTS B.Indonesia Kelas 9 Program Persiapan UN 2017

Kisi-kisi Soal UTS B.Indonesia Kelas 9 Program Persiapan UN 2017
Pelaksanaan ulangan: Senin, 20 Maret 2017
Pukul: 08.20 - 10.00 WITA

Baca juga: Kisi-kisi Ujian Sekolah 2017 untuk SMP Mapel B.Indonesia

Berikut Kisi-kisi Soal Ulangan Tengah Semester B.Indonesia Kelas 9 Program Persiapan UN 2017:
NO KOMPETENSI INDIKATOR JLH BUTIR SOAL
1
Membaca Nonsastra
1. Pengetahuan dan pemahaman
- Siswa mampu menentukan makna kata/ kalimat pada teks
- Siswa mampu menentukan informasi tersurat teks
- Siswa mampu menentukan bagian teks
2. Aplikasi
- Siswa mampu menentukan ide pokok teks
- Siswa mampu menyimpulkan pendapat (pro/kontra)
- Siswa mampu meringkas isi teks (ESSAY)
3. Penalaran
- Siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa/ pola penyajian beberapa jenis teks
7
2
Membaca Sastra
1. Pengetahuan dan pemahaman
- Siswa mampu menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
- Siswa mampu menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
- Siswa mampu menentukan bagian cerpen/ fabel
2. Aplikasi
- Siswa mampu menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
- Siswa mampu menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen dan fabel (ESSAY)
- Siswa mampu menyimpulkan sebab/akibat konflik
3. Penalaran
- Siswa mampu membandingkan pola pengembangan/ penggunaan bahasa cerpen dan fabel
7
3
Menulis Terbatas
1. Pengetahuan dan pemahaman
- Siswa mampu melengkapi istilah/kata dalam kalimat
2. Aplikasi
- Siswa mampu menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
- Siswa mampu melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
3. Penalaran
- Siswa mampu memvariasikan kata (ESSAY)
- Siswa mampu memvariasikan kalimat
- Siswa mampu mengubah teks ke bentuk lain
6
4
Menyunting Kata, Kalimat, Paragraf
1. Pengetahuan dan pemahaman
- Siswa mampu menunjukkan kata/ kalimat yang tidak sesuai kaidah
2. Aplikasi
- Siswa mampu menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata) (ESSAY)
- Siswa mampu mengisi konjungsi dalam kalimat
3. Penalaran
- Siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan kata/ kalimat/ ketidakpaduan paragraf
- Siswa mampu menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
5
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
1. Pengetahuan dan pemahaman
- Siswa mampu menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan dan penggunaan tanda baca
2. Aplikasi
- Siswa mampu menggunakan ejaan dan tanda baca
3. Penalaran
- Siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca
- Siswa mampu menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan
- Siswa mampu menentukan alasan kesalahan penggunaan tanda baca (ESSAY)
5

JLH SOAL SELURUHNYA
(25 PG + 5 ESSAY)
30

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Teks Puisi (Musikalisasi Puisi) - Kelas VIII

Kompetensi Dasar (KD) B.Indonesia Kelas 8 (Kurikulum 2013 - Revisi Sesuai Permen No.24 Tahun 2016)

Mana yang Betul: memperoleh atau memeroleh?